Dark
Light

Lemari Es Lupa Ditutup? Ecoisme Bisa Mendeteksinya

1 min read
June 9, 2015

Perangkat-perangkat smart home sebenarnya tidak cuma menawarkan fungsi otomatisasi guna mempermudah aktivitas harian kita, tetapi juga mengajarkan bagaimana cara mengonsumsi daya listrik seefisien mungkin. Ambil contoh sebuah bohlam pintar yang dilengkapi sensor pengenal gerakan. Perangkat semacam ini tidak hanya praktis, tetapi juga berjasa atas penghematan energi, dimana ia akan mematikan dirinya sendiri saat tidak ada orang di dalam ruangan.

Pada beberapa perangkat smart home, aplikasi pendampingnya bahkan dilengkapi dengan fitur energy monitoring sehingga kita bisa memantau berapa banyak daya listrik yang dikonsumsi oleh perangkat tersebut. Intinya, otomatisasi itu penting, demikian pula dengan menghemat energi listrik.

Sebuah perangkat bernama Ecoisme hadir melalui Indiegogo. Fungsi perangkat ini hanya satu, namun dampaknya cukup besar, yakni memonitor konsumsi energi listrik dari setiap perangkat elektronik di dalam rumah Anda.

Info menarik: Kini Perangkat dengan Dukungan HomeKit dari Apple Sudah Mulai Tersedia

Dari luar, Ecoisme tampak mirip seperti Mac Mini, dengan dimensi 12,7 x 12,7 x 2,54 cm. Berwarna putih bersih, Ecoisme hanya dilengkapi satu tombol untuk me-reset pengaturan, port untuk memonitor tegangan listrik dan port untuk memonitor arus listrik.

ecoisme-02

Cara menggunakannya pun mudah. Pertama-tama, tambatkan Ecoisme di tembok dan sambungkan ia dengan colokan listrik. Kemudian Anda perlu menghubungkan Ecoisme dengan kabel milik sakelar utama di rumah Anda. Selanjutnya, Ecoisme sudah siap untuk memonitor konsumsi daya listrik dari masing-masing perangkat elektronik yang terhubung ke jaringan listrik di dalam rumah Anda.

ecoisme-03

Ecoisme memanfaatkan dua jenis teknologi dalam menjalankan tugasnya: nonintrusive load monitoring untuk memantau perangkat-perangkat sederhana seperti teko listrik, dan spectrum analysis untuk memantau perangkat-perangkat dengan konsumsi daya yang bervariasi seperti TV, komputer atau charger. Semua data, plus tips terkait pemakaian energi listrik di rumah Anda dapat diakses melalui web browser atau aplikasi di Android dan iOS.

Info menarik: Tak Cuma Perangkat Smart Home, Nuimo Juga Bisa Mengontrol Aplikasi Smartphone

Namun Ecoisme rupanya juga ingin melakukan lebih dari itu. Ia siap memberikan notifikasi ketika ada yang ‘salah’ di rumah Anda. Misalnya, ketika lemari es tidak tertutup rapat, Ecoisme akan memberikan peringatan. Atau misalnya ketika alat catok milik istri Anda lupa dicabut dari colokan listrik, Ecoisme akan segera menginformasikan Anda.

ecoisme-04

Pihak pengembang Ecoisme juga berencana menghadirkan integrasi dengan perangkat smart home lainnya. Artinya, Anda bisa menyalakan coffee maker lewat aplikasi Ecoisme, atau mematikan AC di dalam kamar meski Anda sudah tiba di kantor.

Kampanye Ecoisme di Indiegogo saat ini masih berlangsung meski targetnya sudah berhasil ditembus. Kalau Anda tertarik, pledge paling murah yang tersisa adalah $199 untuk satu unit Ecoisme, plus $30 untuk biaya pengiriman internasional.

Glenn Kaonang

Gamers, proud daddy, entering web3 with critical mindset.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Previous Story

Samsung Galaxy S6 Active Resmi Dikonfirmasi oleh AT&T

Next Story

Apple Umumkan OS X 10.11 El Capitan

Latest from Blog

Don't Miss

EZVIZ-Umumkan-Rangkaian-Perangkat-Smart-Home-Impian-di-Indonesia-1

EZVIZ Umumkan Rangkaian Perangkat Smart Home Impian di Indonesia

EZVIZ meluncurkan rangkaian perangkat smart home terbarunya di Indonesia, dalam
Samsung Bespoke Life 2023

Samsung Umumkan Visi Baru 2023 Bertajuk “Bespoke Life”

Samsung akan menandai awal babak baru untuk divisi home appliance