Lengkapi Strategi Bisnis Mobile, Yahoo Akuisisi Hitpost
Sepanjang tahun 2013 ini setidaknya ada 6 akuisisi yang sudah dilakukan oleh Yahoo, pertama pembelian mengejutkan Tumblr, kemudian Qwiki, Xobni, Playerscale, dan yang terakhir - yang tercium oleh TRL - adalah Rockmelt. Bignoggins disebut-sebut juga sudah menjadi milik Yahoo sejak Juli lalu.
Sederetan perusahaan tersebut kini sudah berada di bawah manajemen Yahoo dengan kebijakan dan kesepakatannya masing-masing, tapi sepertinya aksi belanja jor-joran Yahoo belum berhenti di angka 6, sebab TechCrunch melaporkan Yahoo sedang terlibat perundingan serius dalam upaya untuk membeli sebuah perusahaan pengembang aplikasi olahraga bernama Hitpost. Dan akhirnya, di situs Hitspot, telah diumumkan secara resmi bahwa tim dari perusahaan ini akan bergabung dengan Yahoo dan sudah mulai menuju kantor Yahoo di Sunnyvale dan San Fransisco.
Hitpost adalah perusahaan pengembang aplikasi Sports Bet yang saat ini menawarkan aplikasi taruhan olahraga virtual via mobile di App Store dan kokoh berada di urutan ketiga sebagai aplikasi iOS paling populer. Aplikasi ini adalah aplikasi taruhan bohongan atau fake bet, menonjolkan sisi game yang adiktif yang berhubungan dengan olah raga. Tak hanya di App Store, di Google Play pun Sports Bet sudah diunduh tak kurang dari 5 juta pengguna.
Perusahaan ini pun memiliki fokus untuk membuat aplikasi atau layanan yang berhubungan dengan olah raga dan mengusung konsep jaringan olahraga yang inovatif. Perusahaan ini dinilai cocok dengan gaya hidup banyak orang, aplikasi yang mereka tawarkan memudahkan pengguna untuk mendapatkan informasi terbaru terkait tim kesayangannya untuk kemudian melakukan taruhan.
Yahoo tertarik untuk mengambil alih Hitpost sebab selain popularitasnya, aplikasi ini juga terbukti sudah mendatangkan traffic yang mengesankan ke portal Fantasy Sport milik Yahoo. Selama hampir 2 tahun terakhir, Hitpost juga mengembangkan beberapa aplikasi yang berhubungan dengan diskusi live dan polling seputar olah raga.
Pembelian perusahaan ini adalah yang ketujuh Yahoo sekaligus melengkapi amunisi mereka untuk menjalankan strategi bisnis di ranah mobile yang sudah mencakup 7 kategori bisnis mulai berita, layanan cuaca, email, mesin pencari, layanan host gambar, portal utama Yahoo, dan sekarang juga terjun ke kategori olahraga jika Hitpost jadi diambil oleh mereka.
Acungan jempol untuk Yahoo, dan pastinya juga untuk Marissa Mayer untuk langkah-langkahnya yang berani!
Sumber berita Techcrunch dan gambar header Eric Broder Van Dyke/Shutterstock.
Sign up for our
newsletter