Lepas Dari Female Daily, Clozette Indonesia Melenggang Dengan Situs Tersendiri

Lepas Dari Female Daily, Clozette Indonesia Melenggang Dengan Situs Tersendiri

Clozzete
Clozzete

Female Daily Network (FDN) dan Clozette bulan Maret lalu telah mengakhiri kemitraannya secara resmi. Dengan begitu, seluruh operasional Clozette di Indonesia tidak lagi berada dalam otoritas Female Daily melainkan langsung di bawah kendali Clozette yang berbasis di Singapura. Proses pemisahan usaha ini berlangsung setelah kedua perusahaan mengevaluasi unit bisnis masing-masing dan memutuskan untuk berjalan secara terpisah.

Perubahan ini membuat Clozette Indonesia melakukan rebranding untuk pasar Indonesia bersamaan dengan peluncuran situs web mereka kemarin (8/5). Situs baru tersebut didesain ulang khusus Indonesia sebagai bentuk persembahan terhadap target pasar di Indonesia. Dengan situs barunya ini, Clozette Indonesia resmi tampil dengan identitas dan merek baru yang lebih konsisten dengan brand Clozette.

Layanan Clozette sendiri adalah jejaring sosial yang mengkhususkan diri di dunia fashion. Selain menjadi ajang berbagi foto-foto fashion, Clozette juga berfungsi sebagai marketplace.

Untuk menarik jumlah pengguna perempuan Indonesia yang lebih luas, situs yang baru juga akan lebih banyak menampilkan konten dalam bahasa Indonesia. Tak hanya itu, Clozette kini memberi porsi besar pada trend mode busana Muslim/hijab yang sejak beberapa tahun yang lalu menjadi sebuah tren yang sangat digemari di Indonesia dan membuat Indonesia sebagai pusat busana Muslim dunia.

Akhir dari sebuah kemitraan
Clozette sendiri masuk ke Indonesia dengan nama Clozette Daily di bulan Oktober 2012, dimulai sebagai sebuah kolaborasi bersama Female Daily Network. Namun sejak awal 2014, kedua belah pihak memutuskan untuk mengubah fokusnya lebih kepada kecantikan dan akhirnya memutuskan untuk mengambil pendekatan baru atas kemitraan ini.

Seperti telah kita ketahui, FDN telah memposisikan dirinya untuk berfokus pada penyediaan konten dan ulasan produk make up dan kecantikan, membuka jalan bagi Clozette untuk menyediakan platform jaringan sosial bagi perempuan dengan fokus membangun interaksi visual dengan sesama anggota komunitas fashion dan produk kecantikan, serta jual beli yang secara khusus dipilih oleh tim kurator Clozette Indonesia.

Saat dihubungi oleh DailySocial, Hanifa Ambadar, CEO Female Daily Network, mengatakan “Sekarang Clozette sudah bukan under Female Daily lagi, jadi sudah ada timnya sendiri yang di-hire oleh Clozette Singapura. Kami juga nggak share user lagi, nggak ada kepemilikan di satu sama lain, jadi sudah benar-benar dua entity yang berbeda. Different vision, different goals, different owners, different managements.”

Hanifa menuturkan, saat ini masih ada bentuk kerja sama yang terbatas dalam bentuk berbagi ruangan kantor dan beberapa hal administratif. Tetapi menurut Hanifa hal ini hanya untuk beberapa bulan saja selama masa transisi hingga urusan legal Clozette selesai di Indonesia. “Sales team Clozette bisa bundling Female Daily, kami kasih discount ke mereka dan begitu juga sebaliknya. So it’s a loose partnership.” Dengan kemitraan yang longgar ini, masing-masing perusahaan tidak terikat antara satu sama lain dalam hal strategis dan tujuan bisnis.

Kami juga telah menghubungi pihak Clozette Indonesia melalui marketing manager Erry Amarilla mengenai hal pemisahan usaha ini namun hingga kini belum ada tanggapan.

Perkembangan Clozette
Roger Yuen, founder dan CEO, mengenai peluncuran situs baru ini mengatakan pada siaran pers, “kami memiliki tekad untuk tetap berada di garis depan dalam inovasi digital untuk menghasilkan eksponensial ROI bagi mitra dan merek yang beriklan pada platform Clozette. Tampilan baru situs Clozette Indonesia menawarkan tempat yang sangat relevan dengan visual menarik sehingga mampu memberikan dampak bagi komunitas – tentunya mereka dapat menaruh harapan platform ini mampu menginspirasi dan menarik minat wanita kosmopolitan melalui content yang mencakup budaya dan preferensi arah trend mode Indonesia, termasuk tentunya trend busana Muslim.”

Selain kemitraan dengan Female Daily Network, Clozette juga merupakan perwakilan iklan eksklusif untuk Glam Media, dan E! Online di kawasan Asia Tenggara, termasuk Indonesia.

Sebagai catatan, Clozette telah menerima dana investasi seri B senilai USD $ 3 juta pada awal November 2013 dan baru-baru ini juga mengumumkan keterlibatannya dalam membawa konten fashion dan kecantikan ke layar TV melalui kolaborasi konten dengan program Stylesetter pada saluran StarWorld.

Stylesetter merupakan acara TV baru yang membahas mengenai tren fashion dan kecantikan serta peristiwa dalam industri fashion di Asia, disiarkan di StarWorld dan juga akan ditampilkan di website Clozette.

Clozette Indonesia sendiri menawarkan fitur baru: kemudahan login hanya dengan menggunakan akses Facebook, berbagi foto dengan komunitas Clozette Indonesia via Instagram dengan menghubungkan akun Instagram melalui Clozette Account Settings dan penggunaan hashtag #ClozetteID pada keterangan foto sehingga dan foto akan langsung secara otomatis muncul di akun Clozette.

Selain itu ada juga pencarian visual, yakni pencarian berdasarkan gambar dan berbelanja dengan pilihan lebih dari dua juta fashion item dari 5000 label dalam satu tempat melalui Clozette Shoppe.

Tak ketinggalan, informasi singkat dari tim Clozette meliputi peluncuran produk terbaru, berita menarik dan peristiwa yang terjadi di seputar industri fashion termasuk program Duta Clozette Indonesia yang melibatkan blogger dan influencer yang memegang pengaruh yang kuat di bidang online dan sosial.

DailySocial.id adalah portal berita startup dan inovasi teknologi. Kamu bisa menjadi member komunitas startup dan inovasi DailySocial.id, mengunduh laporan riset dan statistik seputar teknologi secara cuma-cuma, dan mengikuti berita startup Indonesia dan gadget terbaru.

Berita
Artikel Populer
x
Minerva | Maximize
3

Minerva is typing…