Categories

Gadget

LG Pamerkan Tampilan Antarmuka Baru untuk LG G5

Usung desain yang lebih minimalis, namun tetap fungsional

Glenn Kaonang - 29 March 2016

Menyambut peluncuran LG G5, pabrikan asal Korea Selatan tersebut turut memperkenalkan tampilan antarmuka baru yang bakal diusung oleh smartphone andalannya tersebut. Didapuk LG UX 5.0, interface ini dibangun di atas sistem operasi Android Marshmallow dengan penambahan sejumlah fitur dan desain yang minimalis sekaligus fungsional.

LG UX 5.0 mengemas aplikasi baru bernama LG Friends Manager, yang secara spesifik dirancang untuk mengakomodasi fitur semi-modular LG G5 beserta sederet aksesorinya. Berkat aplikasi ini, G5 dapat mendeteksi aksesori yang berada di dekatnya secara otomatis, lalu menawarkan pengguna untuk menyambungkan dan meng-install aplikasi-aplikasi yang dibutuhkan dari Google Play.

Friends Manager ini juga yang nantinya bakal menjadi viewfinder untuk LG 360 CAM. Untuk setiap aksesori yang tersambung, Friends Manager akan menyajikan tampilan yang berbeda.

Dari segi tampilan, LG UX 5.0 kini tampak lebih minimalis ketimbang sebelumnya. Hilang sudah app drawer yang kita kenal; aplikasi akan langsung menghuni homescreen seperti yang bisa kita jumpai di OS MIUI milik Xiaomi. Pun begitu, pengguna masih diberi opsi untuk mengembalikan app drawer seperti semula jika berkenan.

Lewat tampilan antarmuka baru ini, LG juga menjabarkan seperti apa fitur Always On yang diusung G5. Fitur ini pada dasarnya akan menampilkan sejumlah informasi seperti waktu, kalender, notifikasi dan icon SMS pada layar meski posisi handset sedang terkunci.

Spesifikasi kamera canggih yang dikemas G5 juga akan dimaksimalkan oleh fitur-fitur baru yang tersimpan dalam aplikasi kamera UX 5.0. Utamanya adalah fitur Auto Shot, dimana foto selfie akan otomatis diambil sesaat setelah kamera mengenali wajah pengguna – tak ada lagi gesture yang perlu diterapkan.

Terakhir yang tidak kalah menarik adalah fitur backup dan restore secara nirkabel menggunakan NFC. Idenya adalah, pengguna bisa memindahkan hampir seluruh data-data dari smartphone lawasnya ke G5 hanya dengan menempelkan keduanya – dengan catatan smartphone lamanya turut mengemas chip NFC.

Sejauh ini belum ada keterangan apakah LG UX 5.0 juga bakal merambah smartphone lain yang sudah lebih dulu dirilis, seperti LG V10 misalnya. Namun bisa dipastikan smartphone lain yang menyusul G5 bakal kebagian jatah LG UX 5.0 ini.

Sumber: LG.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter