Categories

Tips

Lima Tips Mengelola Tim yang Bekerja Secara “Remote”

Kuncinya pada komunikasi dan memberikan peluang untuk saling mengenal

Prayogo Ryza - 3 May 2017

Perkembangan teknologi digital menjadi salah satu hal mendasar yang banyak mengubah pola kerja sekarang ini. Baik itu individu maupun bisnis. Bahkan, jika Anda merupakan seorang yang ingin membangun bisnis digital Anda bisa membentuk tim yang mungkin tersebar di berbagai wilayah bahkan negara. Istilah yang paling sering digunakan adalah kerja remote, atau bekerja dari jauh. Mengelola tim yang tidak bisa bertemu setiap hari memang menjadi tantangannya.

Berikut beberapa tips yang bisa dilakukan untuk membantu Anda mengelola tim sambil menumbuhkan budaya kerja, meski tim Anda terpisah jarak dan waktu.

Pertimbangkan kepribadian

Semua tentu sepakat bahwa tim yang solid didasari oleh komunikasi yang baik. Jika Anda mengelola tim yang bentuk komunikasinya hanya melalui chatting atau video call, pastikan kepribadian mereka cocok dengan apa yang Anda butuhkan. Hal ini penting untuk tetap menjaga tim Anda bekerja dengan baik meski dengan komunikasi yang tidak terlalu sering. Kualitas, bukan kuantitas. Pastikan mereka terbuka dan Anda bisa memahami bagaimana mereka bekerja.

Hormati ritme kerja tim Anda

Untuk membentuk sebuah kultur kerja remote yang baik usahakan Anda memberikan hal paling tim Anda butuhkan, kepercayaan. Berikan mereka fleksibilitas bekerja pada mereka. Hormati ritme kerja mereka. Yang paling penting, jaga kinerja mereka agar tidak mengganggu visi dan tujuan Anda.

Buat pertemuan yang menyenangkan

Untuk membantu meningkatkan rasa percaya dan pemikiran positif satu sama lain selalu agendakan pertemuan ringan yang menyenangkan. Tidak harus rutin, namun berkesan. Misalnya dengan berbincang santai di kedai kopi atau menghabiskan akhir pekan dengan liburan bersama.

Beri peluang untuk saling mengenal

Jika Anda bekerja dengan tim yang besar usahakan mereka mengenal satu sama lain. Buat tim-tim kecil untuk mereka bisa saling mengenal satu sama lain. Kenalkan mereka secara resmi, ajak konferensi bersama dengan video call atau semacamnya. Semakin mereka menikmati lingkungan kerja virtual mereka itu hal positif bagi Anda dan bisnis.

Terus ingatkan tujuan bisnis

Untuk membuat suasana kerja santai tapi produktif usahakan selalu mengingatkan mengenai target dan tujuan yang ingin dicapai. Monitor setiap apa yang mereka kerjakan. Beri perhatian kepada mereka yang mengalami penurunan, cari tahu penyebabnya. Selalu komunikasikan.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter