LINE adalah salah satu layanan mobile messaging terpopuler saat ini di tanah air dan merupakan platform yang paling diminati untuk pengembangan chatbot. Dari statistik yang dipaparkan, LINE juga sudah hampir menembus 90 juta pengguna di Indonesia. Dan kini LINE ingin membuka pintu selebar-lebarnya bagi para developer lokal yang ingin membangun chatbot berkualitas melalui platformnya.

Menurut Marketing Manager Line Indonesia, Yunita Agata, ”Saat ini hampir seluruh pengguna smartphone di Indonesia yang berjumlah 74,9 juta orang dengan menggunakan aplikasi pesan singkat.”

Tentu hal ini bisa dimanfaatkan LINE untuk melihat besarnya peluang bisnis yang diciptakan tren ini, sehingga dapat dengan mudah mendorong para developer lokal mengembangkan chatbot dalam untuk berbagai kepentingan.

Salah satu upaya yang dilakukan LINE untuk menyosialisasikan kesempatan ini ialah dengan melakukan banyak roadshow. Bertemu langsung pemilik usaha untuk mengetahui kebutuhannya terhadap solusi bisnis berbasis chatbot.

LINE sendiri sedang mengadakan kompetisi pembuatan chatbot dalam rangkaian ajang LINE Creativate.

”Ke depannya, mereka akan mengunduh lebih sedikit aplikasi baru. Namun, akan tetap secara intensif menggunakan aplikasi messaging. Oleh sebab itu, pemilik bisnis dapat menciptakan chatbot dalam platform LINE sebagai solusi praktis untuk berinteraksi dengan pelanggannya,” tambah Yuanita.

Saat ini, LINE telah memfasilitasi beberapa chatbot di bisnis Indonesia, seperti Vira untuk bank BCA untuk melayani mobile banking. Bang Joni, chatbot yang membantu kegiatan sehari-hari, seperti booking tiket pesawat maupun kereta, memesan layanan transportasi online, dan lain-lain.

Soraya, chatbot yang menyediakan informasi konten, dan membantu pengguna belanja di SaleStock. Terakhir ada Rinna sebuah chatbot yang dikembangkan di LINE dengan mengandalkan kecerdasan buatan yang diprogram untuk memahami emosi, layaknya manusia.

Peluang chatbot untuk pengembang

Perkembangan teknologi digital yang sangat impresif saat ini tengah bergeser untuk memasuki era baru, kecanggihan kecerdasan buatan atau AI semakin diandalkan sebagai aspek kehidupan. Tren chatbot dapat menjadi peluang yang sangat menguntungkan bagi pengembang, karena arahnya berbagai layanan akan di konversi ke sana.

Chatbot juga menjadi prioritas pengembangan inovasi terkini dalam bisnis digital. Kemampuan untuk mengotomatisasi beberapa bidang layanan dianggap efektif dalam pelayanan konsumen.

DailySocial.id adalah portal berita startup dan inovasi teknologi. Kamu bisa menjadi member komunitas startup dan inovasi DailySocial.id, mengunduh laporan riset dan statistik seputar teknologi secara cuma-cuma, dan mengikuti berita startup Indonesia dan gadget terbaru.