1. Lifestyle

LiquidSky Merupakan Layanan Streaming Game dengan Paket Gratisan Berbasis Iklan

Bisa diakses dari perangkat apa saja, entah itu MacBook, laptop Linux atau smartphone dan tablet Android

Semakin hari kita semakin terbiasa dengan budaya streaming. Musik kita stream, film kita stream, bahkan game pun bisa kita stream dengan layanan macam PlayStation Now atau GeForce Now. Yang membedakan, kalau Spotify dan Netflix sudah tergolong mainstream, PlayStation Now belum.

Kenapa bisa begitu? Alasannya simpel: tidak semua orang memiliki PS4 atau PC. Lain cerita kalau kita bisa streaminggame melalui smartphone atau tablet. Jika seperti ini ketentuannya, layanan streaming game mungkin saja menjadi mainstream, apalagi semisal disediakan paket gratisan.

Itulah yang sedang diusahakan oleh LiquidSky. Sudah menjalani tahap beta selama sekitar dua tahun, LiquidSky menjanjikan kemampuan streaminggame PC melalui beraneka perangkat, entah itu sebuah MacBook, laptop Linux atau bahkan ponsel dan tablet Android. Dan yang paling penting, tersedia paket gratisan yang bisa dinikmati semua konsumen.

MacBook Air pun bisa Anda pakai untuk bermain game AAA dengan LiquidSky / LiquidSky

Cara kerjanya hampir mirip seperti paket gratisan Spotify, dimana Anda harus rela menonton iklan selama beberapa menit untuk bisa mendapatkan akses streaming game selama 3 jam per hari. Kalau mau lebih, tentu saja Anda harus membayar biaya bulanan.

Setiap kali Anda menonton iklan ini, Anda akan menerima semacam mata uang virtual bernama SkyCredits. Iklan berdurasi 1 - 6 menit akan memberikan Anda sekitar 60 SkyCredits, yang akhirnya bisa ditukar dengan akses selama satu jam ke sebuah virtual machine dengan spesifikasi yang cukup untuk menjalankan mayoritas game dalam resolusi 1080p 30 fps.

Semakin banyak Anda menonton iklan, semakin banyak SkyCredits yang Anda peroleh. Dengan 120 SkyCredits, Anda akan mendapat akses ke virtual machine kelas Pro yang lebih bertenaga, sanggup menjalankan game dalam resolusi 1080p 60 fps. Dengan 240 SkyCredits, spesifikasi virtual machine kelas Elite yang ditawarkan bahkan jauh lebih bertenaga lagi.

Overwatch pun bisa Anda mainkan di ponsel dengan bantuan controller / LiquidSky

Tiap-tiap virtual machine tersebut memiliki media penyimpanannya sendiri, dengan kisaran kapasitas 100 GB - 1 TB, tergantung apakah Anda merupakan pengguna gratisan atau yang membayar biaya berlangganan. Storage ini berfungsi untuk menyimpan game-game yang berasal dari Steam, Battle.net, atau Origin – termasuk judul-judul populer seperti Overwatch dan League of Legends – sekaligus untuk menyimpan save file-nya.

Buat yang sudi membayar sebesar $10 per bulan, mereka akan mendapat akses streaming game selama 80 jam – atau 40 jam untuk kelas Pro, sedangkan kelas Elite hanya 20 jam. Mengingat semuanya mengandalkan cloud, Anda diwajibkan memiliki koneksi internet yang cepat sekaligus stabil – setidaknya 3 -5 Mbps untuk bisa streaminggame dalam resolusi 1080p 30 fps dengan lancar.

Apabila syarat tersebut bisa Anda penuhi, LiquidSky memastikan semuanya berjalan secara responsif, dengan latency hanya berkisar 30 ms. Layanan ini rencananya akan mulai dibuka untuk umum pada bulan Maret mendatang.

Sumber: Engadget.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again