1. Startup

Luncurkan Aplikasi Versi Pro, Saham Rakyat Ingin Tambah Pengguna Aktif

Saham Rakyat kini telah memiliki 70 ribu trader aktif di platformnya; turut targetnya segmen ibu muda

Setelah meluncur awal tahun ini, platform trading saham berbasis komunitas Saham Rakyat, mengklaim mengalami traksi yang positif secara organik dengan bertambahnya jumlah pengguna. Berdasarkan informasi di Google Play, saat ini aplikasi tersebut telah diunduh 50 ribu+ pengguna.

Kepada DailySocial.id, Founder & CEO Saham Rakyat Kevin Hendrawan mengungkapkan, sesuai dengan misi awal mereka, aplikasi Saham Rakyat ingin fokus memberikan edukasi kepada masyarakat Indonesia tentang manfaat investasi saham. Caranya dengan mengedepankan layanan yang user friendly sehingga mudah untuk diakses.

Bukan hanya generasi muda, Saham Rakyat turut menargetkan segmen pengguna yang lebih luas, seperti kalangan ibu-ibu muda yang mulai banyak memiliki minat besar untuk berinvestasi di saham.

"Setelah kita meluncur awal tahun ini traksi kita bagus dan kebanyakan datang secara organik. Banyak pengguna kita yang datang dari komunitas kemudian menjadi active trader," kata Kevin.

Luncurkan aplikasi versi Pro

Setelah sebelumnya merilis aplikasi dalam versi Lite, kini untuk memberikan fitur dan layanan yang menyeluruh, Saham Rakyat merilis aplikasi versi Pro. Masih dalam platform yang sama, bagi pengguna yang sudah memahami benar apa itu investasi saham dan semua pendukungnya, bisa memanfaatkan versi Pro ini.

Bagi mereka yang masuk dalam kategori pakar atau profesional dan ingin melakukan kalkulasi atau perencanaan lebih mendalam terkait dengan jual-beli saham, versi Pro dapat menjadi ideal untuk digunakan.

Layanan wealthtech versi premium ini sebelumnya telah dirilis sejumlah pengembang, di antaranya Bibit, Bareksa, hingga Moduit. Targetnya memang kepada investor ritel profesional dengan nilai aset yang besar.

"Aplikasi kita sederhana, tinggal menggeser toggle di bagian pengaturan profil untuk berpindah versi. Investasi saham adalah pasar yang kerap mengalami perubahan dengan cepat, untuk itu dibutuhkan eksekusi dengan cepat ketika nilai saham sedang naik," kata Kevin.

Salah satu fitur yang juga masih menjadi pilihan pengguna adalah Group Chat. Fitur ini masih menjadi pilihan pengguna yang kebanyakan adalah komunitas untuk saling berkomunikasi, berbagi informasi dan kegiatan lainnya secara online. Group Chat adalah ruang diskusi terbuka di mana pengguna dapat bertanya dan dijawab langsung oleh analis keuangan Saham Rakyat dan edukasi webinar seputar analisa saham.

Melalui PT Samuel Sekuritas Indonesia yang sudah memiliki izin dari OJK, Saham Rakyat juga didukung oleh Kaesang Pangarep, putra dari Presiden Joko Widodo sebagai Brand Ambassador.

Diminati ibu-ibu muda

Selain di Jabodetabek saat ini pengguna Saham Rakyat juga sudah tersebar hingga ke Sumatera, Kalimantan, sampai Sulawesi. Jika pada awalnya mereka ingin menarik lebih banyak pengguna dari generasi muda, kini secara tidak sengaja perusahaan menemukan kalangan baru yang menjadi strategis untuk didekati yaitu ibu-ibu muda.

Berawal dari edukasi di media sosial tentang keamanan melakukan investasi dan terhindar dari investasi bodong, kini Saham Rakyat telah memiliki active trader dari kalangan ibu-ibu muda.

"Saat ini sudah ada ibu-ibu muda yang berusia sekitar 35-45 tahun melakukan active trading di Saham Rakyat. Mereka sangat aktif dan cukup menguasai soal trading. Mereka menemukan Saham Rakyat melalui media sosial, setelah kita lakukan pendekatan akhirnya sekarang mereka menjadi pengguna kami," kata Kevin

Secara keseluruhan aplikasi Saham Rakyat sudah diunduh oleh 100 ribu pengguna, terdapat sekitar 70 ribu active trader di Saham rakyat saat ini. Tahun depan perusahaan memiliki target untuk menambah 1 juta active trader di Saham Rakyat. Sebagai platform yang berfungsi layaknya sebagai broker saham secara online, Saham Rakyat menyediakan sekitar 800 emiten atau perusahaan publik untuk pengguna mereka.

More Coverage:

"Karena kita sebagai trading platform maka posisi kita ditengah-tengah. Kita tidak menyimpan uang nasabah, yang memegang adalah bank langsung, dalam hal ini adalah BCA dan BRI melalui Rekening Dana Nasabah (RDN), dan saham ini yang pegang adalah PT Kustodian Sentral Efek Indonesia (KSEI). Yang bisa kita lakukan sebagai platform adalah menyederhanakan UI/UX. Untuk masalah kecepatan berbagai pihak harus kerja sama," kata kevin.

Mengedepankan sebagai platform belanja saham, Saham Rakyat juga terus melakukan kegiatan edukasi offline dan online terkait dengan investasi saham kepada masyarakat luas. Salah satu kegiatan offline yang dilakukan untuk edukasi adalah melalui Art Exhibition.

Masih enggan untuk menambah pilihan produk investasi digital lainnya seperti reksa dana, kripto hingga emas, menurut Kevin masih banyak investasi saham yang berpotensi untuk dijajaki. Ke depannya perusahaan berupaya untuk bergerak sesuai dengan kecepatan sendiri.

Saat ini sudah ada beberapa platform serupa yang bisa digunakan untuk berinvestasi di berbagai jenis instrumen, di antaranya adalah  AjaibBareksaPluangPINA, dan lainnya .

Application Information Will Show Up Here
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again