29 April 2014

by Amir Karimuddin

MacBook Air Versi Baru Dikabarkan Diumumkan Besok, Hanya Meningkatkan Kecepatan Prosesor

Generasi terbaru MacBook Air dikabarkan bakal dikeluarkan (kemungkinan besar) besok waktu Amerika Serikat, klaim 9to5mac. Jangan terlalu bersamangat karena nampaknya tidak banyak pembaruan signifikan yang bakal ditanamkan di versi barunya. Menurut bocoran spesifikasinya, pembaruan hanya difokuskan pada perbaikan kecepatan prosesor.

Seperti dilansir oleh sumber tersebut, prosesor terbaru MacBook Air 13 inci akan menggunakan prosesor 1.4GHz Intel Core i5 dengan Turbo Boost hingga 2.7GHz. Saat ini spesifikasi resmi MacBook Air 13 inci, seperti tercantum di situsnya, adalah prosesor 1.3GHz dan Turbo Boost hingga 2.6GHz.

Pembaruan minor ini tak pelak membuat kecewa sejumlah penggemar Mac yang berharap adanya peningkatan spesifikasi yang signifikan, termasuk layar Retina Display. Menurut kami, dengan MacBook Air ditujukan untuk pasar yang (sedikit) lebih murah ketimbang MacBook Pro, akan sulit menekan harga dan menjaga ketipisan layar jika display-nya setaraf dengan Retina Display. Setidaknya belum untuk 2-3 tahun ke depan.

MacBook Air yang sekarang diklaim bisa digunakan secara non-stop tanpa disambungkan ke power outlet hingga 9 jam untuk versi 11 inci dan 12 jam untuk versi 13 inci.

Untuk segmen MacBook sendiri, Apple memang sedang getol merombak jajaran MacBook Pro dan memberikan harga yang semakin murah untuk versi Retina Display-nya. Saat ini untuk segmen 13 inci hanya ada satu model MacBook Pro yang tidak menggunakan layar Retina Display, dengan tiga model lain semua sudah menggunakan inovasi terbaru ini.

[Ilustrasi foto: Shutterstock]