1. Lifestyle

MacID: Buka Perangkat Mac dengan TouchID

Setelah mengimplementasikan fitur keamanan pada iPhone dengan sidik jari bernama Touch ID, pertanyaan selanjutnya di benak para pengguna, termasuk saya adalah kapan Apple akan mengimplementasikan fitur serupa di lini perangkat Mac mereka.

Namun sebelum hal itu benar-benar terjadi, kini Anda dapat membuka Mac dengan menggunakan Touch ID yang ada di iPhone dengan sebuah aplikasi bernama MacID.

Touch ID memang jauh lebih nyaman dan mudah digunakan daripada harus mengetikkan password setiap kali akan menggunakan perangkat Mac, terlebih jika mengatur password yang panjang dan kompleks demi keamanan..

MacID menggunakan teknologi Bluetooth Low Energy untuk menghubungkan perangkat iPhone dengan Mac. Namun tak semua Mac menggunakan teknologi Bluetooth Low Energy, terlebih untuk perangkat Mac model lama, jadi ada baiknya membaca minimal model perangkat Mac yang diperlukan oleh MacID sebelum membeli aplikasinya. Selain itu, perangkat iOS juga sudah harus terinstal versi iOS 8 ke atas.

Perangkat Mac yang sudah menggunakan teknologi bluetooth low energy dan dapat menggunakan MacID antara lain:

• MacBook Air from 2011 & model yang lebih baru • MacBook Pro from 2012 & model yang lebih baru • iMac from 2012 & model yang lebih baru • Mac Mini from 2011 & model yang lebih baru • Mac Pro from 2013 & model yang lebih baru

 

Info Menarik: iPhone 6 Resmi Masuk Indonesia 6 Februari 2015 dalam Bundling Telkomsel

 

Setelah mengunduh aplikasi MacID pada iPhone, jangan lupa juga unduh aplikasi pendamping MacID untuk perangkat Mac di http://macid.co/get

Setelah aplikasi di Mac dan iOS terinstal, langkah selanjutnya adalah memasangkan Mac dengan iPhone. Buka aplikasi MacID di iPhone, lalu buka aplikasi pendamping MacID di Mac maka perangkat iPhone yang akan digunakan tertampil dalam daftar. Pilih iPhone tersebut dan masukkan password Mac dan MacID siap digunakan untuk membuka perangkat Mac.

Mengunci Mac kini dapat dilakukan dengan 3 cara, lewat pilihan "Lock Screen" pada aplikasi MacID di Mac, pilih perangkat Mac, lalu swipe ke kiri pada iPhone dan tap "Lock", atau aktifkan "Auto-lock when away from Mac". Opsi ketiga dapat menjadi pilihan yang tepat bagi mereka yang sering lupa mengunci Mac ketika meninggalkannya.

 

Info Menarik: Tambah Pengalaman Mendengarkan Musik Melalui Perangkat Mac dengan Boom 2

 

Kini ketika pengguna menyalakan perangkat Mac-nya, MacID akan menampilkan sebuah notifikasi di iPhone, cukup swipe ke kiri dari notifikasi yang muncul dan tap authorize lalu scan sidik jari Anda pada TouchID atau gunakan passcode untuk perangkat iOS yang tak mempunyai fitur TouchID.

Selain cara tersebut, pengguna bisa membuka aplikasi MacID di iPhone dan memilih perangkat Mac yang dimiliki dan membukanya menggunakan Touch ID.

MacID dibanderol dengan harga Rp 45 Ribu di App Store. Jika Mac Anda diamankan dengan password yang panjang, MacID bisa menjadi aplikasi alternatif untuk mempersingkat waktu dalam membuka perangkat Mac yang dimiliki. Tertarik membeli?

Download - App Store - Rp 45 Ribu

Sumber: iDownloadblog.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again