Categories

Berita

Malaysia dan Indonesia Jajaki Pendirian Joint Fund untuk Mendanai Start-up Teknologi

Amir Karimuddin - 13 October 2011

Dikutip dari Bernama, pernyataan bersama yang dirilis oleh MTDC dan IIA mengatakan bahwa pendanaan regional bersama ini merupakan pendanaan berdedikasi yang diperoleh dari Malaysia dan Indonesia untuk mendukung dan menumbuhkan kewirausahaan dan kreasi bisnis strategis baru di dalam ekosistem teknologi.

Pendanaan ini menargetkan para pengusaha dengan bisnis berbasis teknologi yang feasible dan yang bisa ditingkatkan skalanya (can be up-scaled), dengan potensi pertumbuhan dan kelangsungan yang tinggi dan tahan lama. Alasan logis dari pembentukan pendanaan ini adalah kedua negara jika dikombinasikan memiliki populasi 300 juta jiwa dan ini merepresentasikan pasar yang signifikan di Asia setelah Cina dan India.

Pusat Investasi Pemerintah (PIP), seperti dikutip dari Kompas.com, merupakan investasi pemerintah yang berada di bawah kendali Kementerian Keuangan dan didirikan berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 1 Tahun 2008. PIP saat ini memiliki dana kelolaan sekitar IDR 5,427 triliun yang secara keseluruhan berasal dari Pemerintah. PIP bisa menanamkan modal di sektor apapun, baik riil maupun pasar modal (saham), dengan syarat tidak boleh merugi. Soritaon Siregar mulai menjabat Kepala PIP sejak tahun 2010 dan sebelumnya merupakan Direktur Sistem Manajemen Investasi – Kementerian Keuangan RI.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter