1. DScovery

Management Trainee: Pengertian, Gaji, Benefit, Tugas, dan Rekrutmen 2022

Management trainee merupakan salah satu posisi yang cukup menjanjikan untuk para pencari kerja khususnya fresh graduate.

Adakah yang saat ini fresh graduate dan sedang menjadi jobseeker? Atau ada dari kamu yang sedang berselancar pada platform berisi lowongan pekerjaan dan bertemu dengan istilah management trainee? Management traineemerupakan salah satu posisi yang cukup menjanjikan untuk para pencari kerja khususnya fresh graduate.

Istilah management traineesendiri dapat berbeda pada setiap perusahaan, walaupun sebenarnya mereka memiliki tugas, esensi, dan peranan yang sama. Perusahaan dapat menyebut program ini sebagai Management Development Program (MDP), Officer Development Program (ODP), Graduate Trainee Program (GTP), Graduate Management Associate Program (GMAP), Future Leader Program, dan lain sebagainya.

Kebijakan tiap perusahaan akan program ini pun berbeda-beda. Baik itu program dari perusahaan BUMN maupun perusahaan swasta, mereka menerapkan sistem training, benefit, proses rekrutmen yang beragam.

Nah, sebenarnya apa sih Management trainee ini? Benefit yang didapatkan oleh posisi ini? Tugas apa yang perlu dilakukan?  Dan Bagaimana proses rekrutmennya? Yuk, simak artikel ini untuk tahu lebih detail terkait dengan program Management Trainee. 

Apa itu Management Trainee?

Management trainee adalah salah satu program rekrutmen yang dimiliki perusahaan. Tujuan dari program ini adalah supaya perusahaan mendapatkan calon pekerja untuk mengisi posisi manajerial tertentu. Pada akhir dari program management trainee ini, peserta program biasanya akan memperoleh evaluasi dan keputusan akan penempatan kerja mereka.

Biasanya, peserta yang lulus dalam program ini nantinya akan menjadi manajer atau mungkin kepala kantor cabang dari suatu perusahaan (tergantung kepada kebijakan perusahaan penyelenggara).

Durasi dari program management trainee pun biasanya beragam pada tiap perusahaan. Lama dari program ini berkisar antara 6 bulan sampai dengan 2 tahun, serta dapat pula disertai dengan masa ikatan dinas. Untuk itu, management trainee seringkali disebut sebagai program percepatan karena dalam masa 2 tahun lulusannya dapat langsung menjadi seorang manajer.

Program management trainee ini pada umumnya ramah dengan fresh graduate. Fresh graduate merupakan istilah yang dipakai untuk seseorang yang baru lulus kuliah dan seseorang dapat dikatakan sebagai fresh graduate biasanya maksimal 2 tahun setelah kelulusan.

Management trainee dari suatu perusahaan biasanya tidak memberikan persyaratan administrasi supaya calon peserta memiliki minimal pengalaman pekerjaan tertentu dalam Curriculum Vitae (CV) mereka. Untuk itu tentunya management trainee merupakan salah satu opsi menarik bagi para fresh graduate

Perusahaan biasa memiliki istilah sendiri pada program management trainee mereka. Contoh dari program management trainee yang dimiliki oleh perusahaan-perusahaan di antaranya adalah sebagai berikut.

  1. Management Development Program (MDP) BCA
  2. Officer Development Program (ODP) Bank Mandiri
  3. Unilever Future Leader Program (ULFP)
  4. Danone Management Trainee Star
  5. Officer Development Program (ODP) BNI
  6. Nestle Management Trainee Program, dan lain sebagainya
Ilustrasi Management Trainee Perusahaan | Pixabay

Manfaat dan Benefit Apa yang Dapat Peserta Peroleh

Selain memiliki persyaratan yang cocok bagi fresh graduate, management trainee juga memiliki beberapa manfaat di antaranya adalah sebagai berikut.

  1. Peserta mendapatkan ilmu baru tentang manajemen perusahaan
  2. Peserta dapat belajar sambil memperoleh uang saku
  3. Memperluas networking atau jejaring sosial peserta
  4. Proses karir cepat untuk naik ke level manajerial perusahaan
  5. Membiasakan peserta untuk masuk pada dunia kerja
  6. Meningkatkan skill yang dimiliki oleh peserta

Tugas dari Peserta Management Trainee

Mungkin ada nih dari kamu yang berandai-andai, ketika resmi menjadi peserta management trainee nanti kita ngapain saja ya? Apakah nanti beban kerjanya akan tinggi? Tiap perusahaan sebenarnya memiliki tugas dan mungkin proyek tersendiri terkhusus untuk peserta management trainee mereka. Nah, berikut ini adalah tugas-tugas dari management trainee yang biasanya diterapkan oleh perusahaan.

  1. Mengikuti pelatihan dan pengajaran oleh perusahaan
  2. Ikut dalam meeting juga kelas yang diselenggarakan oleh perusahaan
  3. Mengerjakan tugas atau proyek baik itu merupakan tugas mandiri maupun tim
  4. Mendengarkan dan menerapkan arahan dari senior
  5. Menyiapkan presentasi, dokumen, serta laporan
  6. Peserta dapat melakukan proses on-the-job training di mana peserta akan ditempatkan pada situasi kerja nyata
  7. Melakukan ujian di akhir program

Gaji dari Program Management Trainee

Ketika membicarakan tentang gaji biasanya akan terkait dengan informasi internal perusahaan. Gaji tentunya menjadi hal yang krusial bagi kebanyakan pencari pekerjaan. Berapa sih gaji dari seorang management trainee perusahaan? Nah, tentunya jawaban dari pertanyaan ini sangat relatif tergantung pada perusahaan penyelenggara program

 Ada sekiranya perusahaan yang memang memberikan benefit gaji tinggi pada peserta management trainee-nya. Adapun, suatu perusahaan dapat memanfaatkan kebanyakan peserta yang merupakan fresh graduate dan kurang berani untuk melakukan negosiasi gaji. Hal tersebut adalah suatu kenyataan yang agaknya pahit untuk para jobseekers.

Nah, tapi jangan khawatir ya! Program management trainee perusahaan tentunya akan sangat worth ketika perusahaan itu sudah profesional menangani program ini. Siapa juga yang tidak tergiur dengan kenaikan jabatan tinggi dalam waktu singkat? Untuk kisaran angka gaji, biasanya perusahaan akan memberikan rata-rata 5 juta rupiah kepada peserta management trainee.

Ilustrasi Management Trainee Perusahaan | Pixabay

Proses Rekrutmen Management Trainee

Program management trainee perusahaan bertujuan agar perusahaan dapat mendapatkan putra-putri berkualitas untuk menjadi calon manajer perusahaan. Karena peserta program ini akan menduduki posisi yang penting dalam perusahaan, tentunya seleksi untuk program management trainee ini tidak akan mudah.

Proses rekrutmen program management trainee dari tiap perusahaan biasanya tidak akan sama dari perusahaan lainnya ada mungkin perusahaan yang tidak memerlukan satu tahap seleksi atau urutan seleksi yang berbeda.

Berikut ini adalah proses rekrutmen management trainee yang biasa dilakukan oleh suatu perusahaan.

Seleksi Administrasi

Seleksi administrasi dari program management trainee perusahaan dapat dilakukan baik itu melalui resmi resmi perusahaan atau melalui platform lowongan pekerjaan seperti jobstreet, kalibrr, dan lain sebagainya.  Persyaratan administrasi dari program management trainee biasanya tidak memerlukan pengalaman kerja yang banyak. Sehingga, program management trainee biasanya sering diincar oleh para fresh graduate.

Beberapa perusahaan mungkin akan menambahkan beberapa persyaratan seperti misalnya calon peserta perlu berasal dari universitas yang reputable dan/atau peserta harus memiliki kemampuan bahasa Inggris tertentu. Untuk itu, apabila kamu ingin memasuki program management trainee tertentu, bisa dipersiapkan dengan melihat persyaratan yang ada ya! Adapun boleh juga untuk belajar bahasa inggris sejak dini.

Technical Meeting

Technical meeting biasanya dilakukan ketika perusahaan ingin mengenalkan perusahaan baik itu dari segi unit bisnis, cabang, proses manajemen, dan lain sebagainya. Perusahaan juga dapat mengenalkan seputar program management trainee-nya baik itu dari segi proses rekrutmen, durasi program, benefit yang ditawarkan, serta sesi tanya jawab antara peserta dan perusahaan. Proses rekrutmen ini opsional dilakukan oleh perusahaan, biasanya dilakukan sebelum proses offering maupun sebelum proses rekrutmen lain.

Tes Psikotes

Tes psikotes biasanya merupakan tahapan yang dilakukan secara dini oleh perusahaan. Perusahaan dapat memilih untuk menyelenggarakan tes ini melalui divisi HR-nya sendiri atau melalui tes pihak ketiga. Tes psikotes ini pun biasanya beragam dari perusahaan satu dengan perusahaan lain. Ada perusahaan yang melakukan tes psikotes dengan menggambar ada juga tes psikotes yang memerlukan peserta untuk menjawab beragam soal. Tes psikotes ini biasanya akan diiringi dengan pengisian formulir aplikasi kepada perusahaan terkait.

FGD atau LGD

Tahapan tes Focus Group Discussion (FGD) dan Leaderless Group Discussion (LGD) biasanya dilakukan agar perusahaan tahu bagaimana seorang peserta itu bersikap dengan orang baru. Perusahaan juga dapat langsung melihat bagaimana sikap kepemimpinan dari seorang peserta. Perusahaan dapat memilih antara mau menerapkan tahapan FGD atau LGD sesuai dengan kebutuhan mereka.

Biasanya perusahaan sendiri akan memilih proses LGD (di mana tidak ada moderator atau leader resmi dalam kelompok) sehingga perusahaan dapat melihat siapa yang akan berinisiatif dalam kelompok. 

Interview User

Interview user merupakan tahapan yang cukup esensial baik itu pada proses rekrutmen management trainee maupun proses rekrutmen kerja di manapun. Proses interview nanti biasanya akan melibatkan peserta dengan pihak Human Resource Development (HRD) perusahaan serta mungkin ditemani dengan pimpinan divisi lain. Esensi dari tahapan seleksi ini adalah agar perusahaan dapat mengenal lebih jauh peserta.

Tahapan ini juga mampu menjadi fasilitas agar peserta dapat memperoleh informasi lebih jauh seputar program management trainee maupun mengenai perusahaan secara keseluruhan. Untuk itu, jangan sungkan untuk bertanya-tanya pada sesi ini ya! Biasanya perusahaan juga akan menginformasikan seputar penahanan ijazah (jika ada), kemungkinan penempatan peserta, dan lain sebagainya. 

Medical Check Up (MCU)

Tahapan MCU merupakan suatu tahapan yang opsional bagi perusahaan, artinya satu perusahaan mungkin menerapkan tahapan ini namun perusahaan lain mungkin tidak. Program management trainee merupakan program yang ditujukan untuk melatih calon pemimpin perusahaan, tentunya badan sehat dan prima akan lebih diprioritaskan untuk menjadi pemimpin perusahaan. Oleh karena itu, perusahaan melakukan proses seleksi ini.

Offering

Tahapan offering biasanya adalah proses tahapan akhir rekrutmen untuk program management trainee. Peserta nantinya akan diberikan penawaran dan surat kontrak tertentu. Pada saat inilah peserta akan diberikan wewenang untuk menandatangani kontrak tersebut atau tidak.

Nah, itu dia informasi seputar management trainee setelah mengetahui informasi tersebut apakah ada dari kamu yang tertarik untuk mengikuti program ini? 

Sumber foto header: Pexels

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again