1. Lifestyle

Marc Whitten, Otak di Belakang Xbox Resmi Tinggalkan Microsoft

Terjadi perombakan besar-besaran dalam struktur kabinet Microsoft, dan kita harap mereka dapat melewati masa transisi ini dengan sukses.

Setelah mendapatkan CEO baru, dua orang petinggi meninggalkan Microsoft, Jason Holtman yang tadinya diharapkan akan memperbaiki layanan online mereka turut hengkang dalam waktu singkat, dan kini giliran sang bos Xbox yang undur diri.

Marc Whitten sudah bersama Microsoft semenjak mereka meluncurkan console pertama di tahun 2000. Bertanggung jawab sebagai Chief Product Officer, hasil kerja keras Whitten dan timnya membuahkan tiga generasi Xbox sembari mengukuhkan Xbox Live sebagai salah satu komunitas online terbesar di dunia dengan 48 juta orang dari 41 negara berbeda.

 

Info menarik: Banyak Gamer Tidak Pernah Menyelesaikan Game yang Mereka Miliki

 

Tapi entah apa yang terjadi di balik kesuksesan Xbox One - dan peluncuran Titanfall yang menjadi game terpenting mereka baru-baru, Marc malah mengunduhkan diri. Whitten menuliskan apa yang ia rasakan dalam Xbox Wire, "Dalam 14 tahun bekerja untuk menghasilkan produk terhebat, bersama tim terhebat dan komunitas terhebat, saya merasa sangat gembira."

"Xbox sangatlah spesial karena saya diberikan kesempatan untuk bekerja bersama tim yang mengagumkan dan juga karena fans kami adalah fans terbaik di planet ini. Bekerja [di bawah payung Microsoft] merupakan bagian tak terlupakan dari karier saya, untuk menciptakan produk yang begitu dicintai. Sangat sulit meninggalkan hal ini, namun saya percaya diri bahwa para fans masih akan mendapatkan hal-hal terbaik, di bawah tim yang sangat berbakat," lanjut Whitten.

Sepeninggalannya, Executive Vice President Terry Myerson akan mengambil alih kepemimpinan sementara tim tersebut. Mereka tetap akan fokus pada pengembangan platform software Windows, Windows Phone dan juga Xbox. Myerson mengomentari pengunduran diri Marc, "Saya sangat berterimakasih pada kepemimpinan Marc dan tim mengagumkan yang berhasil ia ciptakan. Kini saya bekerja bersama Yusuf [Mehdi] dan Phil [Spencer] sembari mencari penggantinya."

 

Info menarik: Inilah Penampilan Terbaru Steam Controller

 

Pekerjaan Marc Whitten selanjutnya memang tidak berhubungan langsung dengan dunia hardware dan software game, namun masih berada dalam wilayah hiburan. Ia kini bertanggung jawab sebagai Chief Product Officer di Sonos - perusahaan ini fokus pada produksi sistem musik hingga teknologi audio yang bertempatkan di Santa Barbara, Kalifornia.

"Saya memiliki masa-masa menyenangkan tersendiri bekerja bersama Marc selama lebih dari satu dekade. Ia selalu memikirkan masa depan Xbox dan fokus pada para fans serta menyajikan platform agar para pencipta dan developer dapat terus menciptakan game menarik di sana," kata Phil Spencer, sang Head of Microsoft Studios.

Kita belum tahu apa dampak pengunduran diri Marc Whitten dari Microsoft, namun mudah-mudahan tidak terlalu mempengaruhi masa depan Xbox One dan Microsoft Windows. Kita hanya bisa berharap yang terbaik untuk Marc dan juga Microsoft. Tapi jangan khawatir, Anda tetap dapat bermain bersama Marc di Xbox Live dengan nickname 'notwen'.

Sumber gambar header: Play.tm.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again