30 January 2015

by Yoga Wisesa

Mari Buat Robot Dari Sedotan Dengan Quirkbot

Albert Einstein pernah bilang bahwa imajinasi lebih penting dari pengetahuan. Ia adalah cikal bakal kreativitas dan inovasi. Mainan sejenis Lego jauh lebih berjasa mengembangkan imajinasi dibanding solusi 'instan' mobile game, dan banyak orang terus berupaya menciptakan terobosan di lini tersebut, apalagi bidang robotik kini semakin mudah diakses dan terjangkau.

Melalui semangat yang sama, selama bertahun-tahun satu tim Swedia bekerja keras merampungkan proyek mereka, menggunakan teknologi robot sederhana sebagai kiblat utama. Akhirnya ide tersebut perlahan-lahan menjadi nyata. Sebuah mainan unik bernama Quirkbot muncul serta mulai dijajakan di platform crowdfunding Kickstarter. Quirkbot memungkinkan kita membuat robot dari rangkaian sedotan.

Quirkbot hadir dalam bentuk microcontroller. Ia diklaim sangat mudah digunakan dan diprogram, dirancang untuk menghidupkan kreasi kita. Mainan ini sudah dibundel bersama rangkaian lampu LED, servo motor 180 derajat, servo backpack, kabel USB serta kit 'sedotan' Strawbees. Buat siapa Quirkbot diciptakan? Siapapun. Ia cocok bagi dewasa dan anak-anak berumur sepuluh tahun ke atas.

Cara menyusun dan memainkannya sangat gampang. Pemrograman bisa dilakukan langsung via situs Quirkbot (sekarang belum aktif): pilih serta drag-and-drop komponen yang ingin diprogram, sambungkan bagian-bagiannya dan tekan upload. Begitu saja. Robot ciptaan Anda langsung aktif dan berinteraksi dengan lingkungan sekitar melalui gerakan, suara dan cahaya. Quirkbot juga dapat disambungkan ke komputer, tablet, hingga instrumen musik.

 

Info menarik: MeArm, Robot Modular Kecil Yang Bisa Anda Rakit Sendiri

 

Jadi kreasi-kreasi seperti apa saja tercipta berkat Quirkbot dan konstruksi sedotan? Tim mencontohkan beberapa model sederhana semisal Striderbot - disebut 'robot paling simpel di Bumi', Hulabot, Spiderbot hingga Dogbot. Bahkan Anda bisa memanfaatkan Quirkbot untuk meracik controller game tak biasa, misalnya gamepad dari buah pisang. Berbekal imajinasi, secara teori kita dapat membuat robot berbentuk apapun.

Demi merealisasikan ide ini, tim Quirkbot bekerja erat dengan developer Strawbees, Creatables. Strawbees ialah mainan konstruksi mirip sedotan. Kampanye penggalangan dana Strawbees sudah lebih dulu sukses satu tahun silam dan telah mulai dipasarkan. Rancangan awal Quirkbot pernah hadir dalam acara Kids Hack Day, dan kini developer berniat untuk membawanya ke khalayak lebih banyak via produk retail.

Jika tertarik, terdapat sejumlah varian paket yang bisa dipilih di situs Kickstarter. Tanpa Strawbees, Quirkbot dijajakan seharga US$ 55. Kit Robotic Creatures sendiri dibanderol mulai dari US$ 63.