KliknKlin Hadirkan Layanan Laundry On-Demand di Jakarta

Masih Soal Laundry On-Demand, Kini Ada KliknKlin

Melayani area Jakarta, menjanjikan pengerjaan dalam waktu 48 jam melalui aplikasi dan desktop
Satu lagi layanan laundry on-demand hadir di Jakarta / KliknKlin
Satu lagi layanan laundry on-demand hadir di Jakarta / KliknKlin

Satu lagi layanan on-demand laundry buatan anak muda Indonesia hadir di tanah air. Sebagai salah satu startup Indonesia yang lahir dari tren serta demand yang ada dari konsumen, KliknKlin menawarkan ragam fitur dan layanan untuk warga ibukota.

KliknKlin didirikan oleh Raka Destama yang kini menjabat sebagai CEO dan juga dibantu oleh Erza Radifan dan Irfan Fadhila sebagai CTO dan CIO. Adanya permintaan yang tinggi dari pelanggan laundry untuk jasa antar jemput merupakan hal yang melatarbelakangi Raka untuk mendirikan KliknKlin. Dasar ini makin diperkuat lagi dengan hasil riset yang dilakukan Raka pada hampir secara keseluruhan usaha laundy dengan menunjukkan fakta bahwa sebagian besar jasa laundry yang ada mengalami kendala yang sama untuk memenuhi permintaan pelanggan dalam layanan jasa antar jemput laundry.

“Para pemilik laundry ini memang diketahui tidak memiliki tenaga lebih dari SDM yang ada untuk melayani permintaan layanan tersebut. Dari sinilah kami semakin yakin untuk kemudian mendirikan KliknKlin,” kata CEO KliknKlin Raka Destama kepada DailySocial.

Dengan mengakses KlinnKlin, pengguna dapat memanfaatkan layanan laundry kiloan dalam waktu pengerjaan 48 Jam kerja. Nantinya pelanggan sudah bisa mendapatkan pakaian bersih kembali. Untuk meningkatkan pelayanan dan pilihan kepada pelanggan dalam waktu dekat KliknKlin akan menambahkan fitur-fitur laundry satuan khusus seperti karpet, boneka, tas, helm maupun sofa, sesuai dengan misi KliknKlin menyediakan semua jasa laundry dalam 1 aplikasi.

Sistem Kerja KliknKlin

Cara kerja KliknKlin sendiri sebenarnya tak jauh berbeda dengan sistem pemesanan layanan jasa laundry online lainnya. Untuk mendapatkan jasa layanan laundry dari KliknKlin konsumen diharuskan melakukan pemesanan dari aplikasi KliknKlin di smartphone. Pada aplikasi tersebut pengguna diharuskan mengisi beberapa data seperti alamat, waktu dan data lainnya. Saat ini KliknKlin baru bisa diunduh di platform Android dan bakal tersedia untuk iOS dalam waktu dekat.

“Setelah melakukan pemesanan melalui aplikasi, petugas KliknKlin akan mendatangi alamat pengguna untuk mengambil order laundry. Order yang dipesan pengguna nanti akan dibawa petugas KliknKlin ke lokasi mitra terdekat,” kata Raka.

Setelah pemesanan dikerjakan maka petugas atau kurir KliknKlin akan kembali datang ke pengguna untuk menyerahkan pakaian yang telah dicuci. Saat ini kliknklin baru melayani wilayah Jakarta, namun demikian KliknKlin menjanjikan dalam  beberapa bulan kedepan, layanan ini akan bisa dinikmati di berbagai kota disekitar Jakarta.

Masih menjalankan bisnisnya secara bootstrapping, KliknKlin telah bermitra dengan puluhan jasa laundry di Jakarta yang telah melalui proses verifikasi ketat guna menjaga kualitas.

“Saat ini KliknKlin memiliki sumber pendanaan dari para founder karena masih mencukupi dana yang dibutuhkan namun kedepan mungkin kami akan mencari pendaanaan untuk memperluas wilayah pasar dan jaringan kliknklin,” kata Raka.

Untuk menghadirkan layanan yang terbaik, saat ini KliknKlin berfokus kepada bagaimana membuat konsumen bukan hanya mudah melakukan booking order tetapi juga cepat dalam memberikan layanan yang tersedia. Untuk demikian strategi pemasaran yang dijalankan belum sepenuhnya dilancarkan hingga produk dan aplikasi dapat bekerja dengan sempurna.

“KliknKlin berfokus pada hanya layanan laundry, bisa melakukan pickup dan delivery ditempat yang berbeda tanpa dikenakan biaya tambahan, dalam 30 menit setelah order layanan kurir akan sampai dilokasi konsumen, itulah fokus serta visi dan misi kami saat ini,” kata Raka.

Kehadiran KliknKlin tentunya bisa menjadi alternatif bagi warga Jakarta saat ini yang sedang menggemari layanan on-demand laundry seperti Taptopick, Waz8, Ahlijasa dan Crazyclean. Tentunya akan menjadi menarik melihat persaingan yang ada diantara pemain layanan laundry on-demand, menawarkan ragam keuntungan yang ada di aplikasi, desktop dan mobile site.

Application Information Will Show Up Here

DailySocial.id adalah portal berita startup dan inovasi teknologi. Kamu bisa menjadi member komunitas startup dan inovasi DailySocial.id, mengunduh laporan riset dan statistik seputar teknologi secara cuma-cuma, dan mengikuti berita startup Indonesia dan gadget terbaru.

Interview
Artikel Populer
x
Minerva | Maximize
3

Minerva is typing…