25 August 2012

by wiku

Mau Lisensikan Foto Instagram Anda? 'I Am CC' Sediakan Fasilitasnya

Pengguna Instagram yang ingin melisensikan foto-foto mereka ke lisensi Creative Commons (CC), bisa menggunakan layanan I Am CC. Lisensi CC ini populer di kalangan pengguna Flickr, dan kini sudah ada lebih dari 200 juta foto yang menggunakan lisensi CC.

Jika Anda memang pengguna lisensi CC atau yang tertarik menggunakan lisensi CC dan Anda sering membagikan foto di Instagram, Anda bisa mendaftarkan ke situs I Am CC dan memberikan lisensi CC pada berbagai foto Instagram Anda.

Lisensi CC sendiri secara sederhana merupakan pilihan lisensi atas hasil karya yang bisa dipilih, lisensi ini antara lain memungkinkan orang lain menggunakan foto Anda tetapi dengan memberikan keterangan nama Anda sebagai fotografer. Tentunya jika foto tersebut memang buata Anda. Lisensi CC memungkinkan pemilik karya untuk memilih jenis lisensi apa saja yang ingin diberikan pada karya mereka.

I Am CC merupakan proyek yang dikerjakan oleh Philip Neustrom. Untuk menggunakan aplikasi web ini dan mengubah linsensi semua foto Instagram Anda cukup mendaftarkan diri di situsnya dan mengoneksikan akun Instagram Anda dengan I Am CC. Sayangnya saat ini Anda tidak bisa memilih mana saja foto yang akan diberikan lisensi CC mana yang tidak. Aplikasi web ini akan secara lansung memberikan lisensi CC pada semua foto Instagram penggunanya.

Hal lain yang diperlu diperhatikan adalah I Am CC hanya menyediakan cara sederhana untuk memberikan pada semua foto yang telah Anda ambil untuk ditambahkan lisensi CC serta foto yang akan Anda ambil selama 3 bulan ke depan, setelah itu Anda harus mendaftarkan ulang jika ingin tetap menggunakan I AM CC. Anda juga bisa berhenti menggunakan layanan ini kapan saja Anda mau.

Layanan yang menarik dan tentu berguna bagi mereka yang memang memilih untuk mengunakan lisensi CC pada karya foto mereka di Instragram. Jika Anda tertarik bisa menggunakan layanan ini di i-am-cc.org atau mungkin Anda ingin membaca dulu beberapa kertarangan tentang layanan ini di sini. Ingin tau lebih banyak tentang lisensi CC bisa menuju tautan ini.

Sumber: TechCrunch dan Lifehacker.