1. Startup

Medico Peroleh Pendanaan Awal dari East Ventures

Didirikan oleh Grace Tahir dan Jonathan Sutantyo, Medico adalah layanan manajemen rumah sakit berbasis cloud

Layanan manajemen rumah sakit berbasis SaaS Medico mengumumkan perolehan pendanaan awal, dengan nilai yang tak disebutkan, dari East Ventures. Pendanaan akan digunakan untuk merekrut talenta dan meningkatkan kualitas sistem supaya siap diluncurkan awal kuartal kedua tahun ini.

Medico didirikan oleh Grace Tahir dan Jonathan Susantyo. Keduanya memang sudah lama terlibat di dunia layanan kesehatan. Selain mengurusi Medico, Grace juga mendirikan Dokter.id, situs konsultasi kesehatan online yang telah mendapatkan pendanaan dari RingMD.

Menurut data yang dikumpulkan Medico, saat ini belanja sistem teknologi informasi layanan kesehatan mencapai $2 miliar dan bakal berkembang menjadi lebih dari $6 miliar di tahun 2019. Layanan kesehatan yang berupa rumah sakit, klinik, dan apotek kini mencapai hampir 30 ribu buah dan diproyeksikan bakal naik 10-13% dalam 5 tahun ke depan.

Kewajiban rumah sakit untuk memiliki dan memelihara sistem ini sendiri sudah diatur di UU Nomor 44 tahun 2009 tentang Rumah Sakit dan Peraturan Menteri Kesehatan RI (PMK) Nomor 82 tahun 2013 tentang Sistem Informasi Manajemen Rumah Sakit.

Dengan menawarkan layanan berbasis SaaS, Medico mencoba memberikan perspektif berbeda karena selama ini biasanya sistem dikembangkan dan dipelihara oleh konsultan pihak ketiga, tetapi server biasanya tetap diletakkan di jaringan lokal.

Medico diperkirakan siap beroperasi di bulan April 2016.

Tentang pendanaan ini, Managing Partner East Ventures Willson Cuaca mengatakan, "Potensi layanan kesehatan di Indonesia sudah lama dipandang sebelah mata. Pengalaman pengguna yang buruk di rumah sakit dan klinik banyak kita dengan di media. Kami percaya Grace dan timnya memiliki kemampuan untuk mengatasi permasalahan ini dan membawa layanan kesehatan [berbasis teknologi] ke level selanjutnya."

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again