29 January 2015

by Bambang Winarso

Meizu Blue Charm, Smartphone Murah Lawan Seimbang Redmi 1S

Langkah Xiaomi yang berani mempermainkan faktor harga tampaknya ditiru oleh vendor Meizu yang juga asal Tiongkok. Vendor ini baru saja memperkenalkan sebuah varian baru berjuluk Meizu Blue Charm yang semurah Redmi 1S besutan Xiaomi dan dengan spesifikasi yang sama mentereng.

Dengan amunisi yang sekelas, Meizu Blue Charm tampaknya berada di posisi yang sangat jelas yaitu untuk menjegal dominasi Xiaomi Redmi 1S di segmen entry level. Untuk melancarkan misinya, Meizu membenamkan sederet komponen yang sekelas dan juga harga yang hampir sama.

Tampak dari luar, Meizu Blue Charm membawa layar dengan ukuran 5 inci dan resolusi 1280 x 768 piksel. Perlindungan optimal diperoleh perangkat dari Corning Gorilla Glass 3.

Daya gedor perangkat tak bisa dianggap sepele, dimana Meizu menjatuhkan pilihan kepada komponen prosesor quad-core MTK MT6732 dengan CPU ARM Cortex A53 yang mampu menghasilkan kecepatan clock 1,5GHz. Grafis Mali T760 MP2 menjadi pendamping sehidup semati sang prosesor bersama dengan RAM 1GB.

 

Info Menarik:Muncul di Situs Resmi, Samsung Galaxy J1 Siap Ramaikan Pasar Smartphone Murah

 

Sektor kamera memperoleh sejumlah sentuhan istimewa, misalnya di kamera belakang yang membawa sensor 13MP terdapat beberapa fitur, antara lain 44x digital zoom, Blue glass filters yang dilapisi pula dengan Corning Gorilla Glass 3, dan 5 lens ƒ/2.2 aperture.

Masih kurang? Tenang, kamera depan 5MP memiliki sejumlah kemampuan yang ciamik, seperti teknologi FotoNation, Face AE Exposure untuk selfie makin oke, 4 lensa, 69 derajat wide angle dan ƒ/2.0 aperture. Untuk smartphone kelas entry level, siapapun akan dibuat takjub dengan kualitas kamera yang ditenteng oleh Meizu Blue Charm.

 

Info Menarik:‘Tendang’ Flash Player, YouTube Kini Menggunakan HTML5 Secara Penuh

 

Rasa Android yang berbeda ditawarkan oleh Meizu Blue Charm dengan adanya bekal sistem operasi custom Flyme 4 yang berbasis pada Android 4.4 KitKat, kemudian baterai berkapasitas besar yakni 2610mAh serta yang tak ketinggalan dukungan 4G TD-LTE yang memastikan perangkat mempunyai kualitas kecepatan data yang mumpuni.

Berapa harga yang harus dibayar untuk perangkat "sekeren" ini? Bukan $200, atau $300. Melainkan hanya $112 atau Rp 1,4 jutaan. Dengan banderol harga yang menyamai dan spesifikasi yang kurang lebih sekelas, kemudian dengan adanya gelagat ekspansi ke luar Tiongkok, Xiaomi patut untuk waspada dengan Meizu.

Update: perbaikan judul, yang dimaksud adalah Redmi 1S

Sumber berita Meizu.