26 June 2014

by Yoga Wisesa

Memanfaatkan Platform Android TV, Razer Umumkan Micro-Console Pertama Mereka

Menjadi acara yang sangat dinanti-nanti oleh para developer, fans Google dan pecinta Android, ajang Google I/O 2014 memberikan kejutan tersendiri bagi para gamer. Bagaimana tidak, tiba-tiba saja Razer mengumumkan bahwa mereka resmi menjadi salah satu produsen yang akan menciptakan micro-console untuk platform Android TV.

Razer adalah nama yang sangat terkenal dalam industri PC gaming, dengan berbagai macam laptop dan periferal berperforma tinggi, serta beberapa produk eksperimental. Mungkin semangat bereksperimen-lah yang membuat mereka memutuskan berkolaborasi dengan Google untuk menyediakan 'set-top box' Android TV berupa micro-console.

Sebagai 'jantung' dari Android TV, micro-console tersebut akan men-stream berbagai konten seperti musik, film dan aplikasi-aplikasi hiburan ke layar lebar. Namun karena berbicara tentang Razer, kita tahu bahwa sang produsen akan sangat memperhatikan kemampuan performa gaming set-top box mereka.

 

Info menarik: Versi Beta Razer Nabu SmartBand Hanya Dihargai US$ 1?

 

Diumumkannya micro-console Razer untuk Android TV menjadi langkah perdana bagi sang produsen periferal gaming PC dalam menciptakan perangkat berbasis Android. Mungkin setelah beberapa device yang mereka kenalkan mendapatkan resepsi yang sangat positif (smartband Razer Nabu meraih penghargaan 'Best of CES'), Razer semakin percaya diri dalam menghadirkan perangkat untuk khalayak casual.

Lalu apa yang mendorong Razer untuk melakukan lompatan berani ini? Bagi mereka, seperti dunia gaming PC, Android TV merupakan sebuah medium hiburan yang memungkinkan pengguna untuk menikmati konten - kali ini melalui televisi mereka.

Dalam press release-nya, sang produsen asal Singapura itu mengungkapkan bahwa meningkatkan pengalaman gaming di perangkat Android telah menjadi fokus utama bagi Razer. Menurut mereka pengalaman dalam mendesain sistem game high-end, berbagai macam controller, keyboard dan mouse akan sangat membantu dalam pengembangan micro-console tersebut.

 

Info menarik: Razer Pamerkan Casing PC Pertama Mereka dan Beberapa Aksesori Keren Lain

 

Co-founder dan CEO Razer, Min-Liang Tan, menyebutkan bahwa device ini adalah sebuah console masa depan. "Dibuat berbasis platform Android TV dari Google yang mengagumkan, micro-console Razer bukan hanya akan memuaskan para gamer hardcore dan casual, tapi juga menyediakan medium untuk menikmati musik, film dan berbagai jenis hiburan serta fungsi sosial. Semuanya ditawarkan dalam sebuah sistem dengan harga terjangkau."

Tapi hanya sejauh itu yang Razer berani umumkan. Kita belum tahu spesifikasi detail micro-console mereka ini. Jika boleh menebak, tampaknya Nvidia Tegra adalah pilihan paling logis jika micro-console Razer memiliki fokus utama di bidang gaming, tapi ada kemungkinan besar mereka akan memilih chip dari Intel.

Tim pencipta micro-console Android TV Razer adalah para individu yang juga menciptakan berbagai produk canggih seperti Razer Blade, tablet gaming Razer Edge dan prototype PC modular Project Christine.

Micro-console Razer dijadwalkan untuk hadir pada Musim Gugur - kurang lebih di akhir kwartal ketiga 2014.

Via Forbes & The Escapist Magazine. Gambar header: Android Police.