1. Startup

Membuat Diagram Dengan Lovely Charts

Tersedia banyak sekali aplikasi berbasis web di internet, mulai dari yang gratis, berbayar atau freemium. Mulai dari aplikasi dengan fasilitas standar sampai premium. Para pengembang pihak ketiga dari aplikasi yang sudah populer atau para startup terus berlomba membuat killer apps yang akan menjadi the next big thing.

Aplikasi-aplikasi ini, pada dasarnya berkonsentrasi pada user, dimana kebutuhan penggunaan adalah salah satu faktor utama. Jika anda adalah pekerja kantor atau bekerja sehari-jari dengan berbagai aplikasi yang mendukung kinerja anda dan telah mengenal aplikasi Office, mulai dari yang berbayar sampai yang gratis seperti Google Docs tapi anda belum menemukan aplikasi pembuat diagram yang seru, menyenangkan dan mudah digunakan, kini anda bisa mencoba Lovely Charts.

Lovely Charts adalah aplikasi pembuat diagram online yang memungkinkan anda untuk membuat berbagai diagram seperti flowcharts, sitemaps, chart organisasi, dan lain-lain secara gratis. Diagram yang anda buat juga akan tampil layaknya dikerjakan oleh para profesional.

Menitikberatkan pada kemudahaan penggunaan, Lovely Charts mungkin tidak terlalu berbeda dengan aplikasi sejenis yang memang banyak bertebaran di internet, seperti Flowchart, Gliffy atau aplikasi yang berbasis offline seperti Visio.

Tapi jika anda memang menyenangi warna yang cerah dan cukup bosan dengan aplikasu diagram yang terlalu teknis dan kurang ceria, maka aplikasi ini bisa menjadi salah satu pilihan lain untuk mulai mencobanya. Dengan tampilan desain yang selalu menampilkan warna merah disetiap pagenya, membuat aplikasi ini lebih sedikit berwarna dan tidak terlau teknis.

Anda memang diharuskan dulu untuk mendaftarkan diri anda dengan formulis isian yang standar, setelah itu baru anda bisa mulai mencoba applikasi ini. Fungsi-fungsi charts yang ada juga cukup komplit, mulai dari fungsi membuat Flowcharts, Sitemaps, Network diagaram sampai dengan People diagram, basic symblos, wireframes, BPMN events, BPMN general, atau anda juga bisa mengimport symbols dari komputer anda, kebetulan saya mencobanya dengan iseng mengimport file foto,  untuk melihat kecepatan aplikasi ini dalam mengimport symbols dan ternyata dengan file yang lumayan besar, aplikasi ini cukup cepat dalam melakukan fungsi import.

Diagram adalah tentang komunikasi, dan di keterangan resmi situsnya, Lovely Charts menyebutkan, bahwa semua symbols yang tersedia di situs ini didesain dan dikerjakan dengan penuh cinta (mungkin karena itu namanya lovely charts :D) dan memudahkan anda, user untuk memilih dan menggunakan symbols yang sesuai dan pas, tentu dengan tampilan yang cukup baik, situs ini juga menyediakan fungsi galery untuk anda yang ingin melihat symbols apa saja yang ada di situs ini.

Memasuki situs ini, anda hanya perku mengklik dan mendrag untuk mulai membuat diagram, sepintas aplikasinya mirip dengan aplikasi desain seperti CorelDraw atau Inkspace, dibagian kiri terdapat kolom yang berisi aplikasi pilihan charts serta aplikasi kerja seperti file, edit, view, help. Ada dua tools utama yang digunakan untuk mulai membuat diagram, tools untuk mendrag symbol dan satu lagi untuk membuat alur atau line. Anda memang diharuskan untuk mengklik secara bergantian dua tools ini dalam mengerjakan adiagram.

Dibagian atas anda akan menemukan alat kerja lain seperti pengaturan warna, mengatur besar font, serta memilih tipe line atau garis untuk menghubungkan satu symbol dengan symbol lain. Anda bisa mensave file kemudian mengexportnya ke file PNG dan JPEG.

Aplikasi dari LovelyCharts ini gratis, tapi anda juga bisa mengupgrade menjadi fasilitas berbayar yang tentu saja akan mendapatkan fasilitas lebih seperti info terbaru tentang upgrade symbol serta fasilitas save diagram tanpa batas.

Dengan fasilitas free dari aplikasi ini, memang sangat sedikit sekali yang bisa didapat, anda hanya bisa mensave satu file saja, untuk file selanjutnya anda harus mengupgare akun alias membayar atau menimpa file lama anda. Tingkat persaingan aplikasi sejenis juga cukup crowded, beberapa malah lebih lama ada, sehingga bisa jadi akan lebih populer dimata user.

Setidaknya, Lovely Charts hadir sebagai pilihan lain, meski harus saya akui, nama untuk situs ini memang agak kurang cocok, apalagi untuk aplikasi berbasis diagram, terkesan kurang teknis, pertama kali mendengar mungkin anda mengira ini adalah aplikasi membuat kartu ucapan. :)

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again