Mendalami Fokus Bisnis OCTOPUS, Platform Agregator Daur Ulang

OCTOPUS telah membukukan pendanaan awal dari Openspace Ventures

Menerapkan ekosistem ekonomi sirkular berbasis teknologi, OCTOPUS hadir sebagai platform agregator yang bisa dimanfaatkan oleh industri terkait untuk mendapatkan sampah daur ulang dari pemulung dan pengepul. Layanan ini telah memulai operasionalnya di kota lapis 2 dan 3.

Tercatat layanan mereka telah menjangkau hampir 200 ribu pengguna yang tersebar di lima kota besar di Indonesia, yaitu Jakarta, Tangerang Selatan, Bandung, Bali, dan Makassar. OCTOPUS juga telah bekerja sama dengan lebih dari 1.700 bank sampah dan 14.600 pemulung terlatih dan terverifikasi (mereka menyebutnya dengan "pelestari").

Kepada DailySocial.id, Co-Founder & CEO OCTOPUS Moehammad Ichsan mengungkapkan, persoalan daur ulang di tanah air memiliki potensi besar. Namun demikian besarnya permintaan dari kalangan industri tidak bisa dibarengi dengan persediaan yang ada. Meskipun saat ini jumlah pemulung hingga pengepul banyak di berbagai lokasi, namun banyaknya lapisan atau proses penjualan yang harus dilalui oleh para pengepul, menyulitkan bagi mereka untuk bisa menjual langsung.

"Dari sisi para pelestari dan pengepul, kami juga melihat masih adanya trust issue di antara mereka. Dengan alasan itulah OCTOPUS ingin menjadi platform yang bisa memberikan standardisasi untuk harga penjualan hingga volume yang sesuai antara pengepul dan pelestari," kata Ichsan.

Untuk memangkas lapisan yang diklaim sudah terlalu berlapis hingga menyulitkan industri mendapatkan barang secara langsung, OCTOPUS memberikan kesempatan bagi para pengepul untuk bisa menjual semua barang daur ulang yang telah mereka dapatkan dari para pelestari langsung kepada industri.

OCTOPUS juga bisa memberikan rekomendasi kepada para pengepul menyesuaikan skala usaha mereka. Untuk pengepul yang masih dalam skala kecil disarankan bisa fokus kepada barang seperti plastik. Sementara mereka yang sudah dalam kategori menengah bisa fokus kepada barang kardus. Dan untuk usaha pengepul yang masuk dalam kategori besar bisa fokus kepada barang tertentu seperti sampah daur ulang elektronik.

More Coverage:

Zenius Terima Pendanaan Lanjutan dari MDI Ventures

"Konsepnya kita mempertemukan sektor informal, yaitu pelestari dan juga pengepul yang melakukan jual-beli barang, tujuannya untuk meningkatkan keuntungan mereka. Dengan menjembatani langsung antara industri dan sektor informal tersebut, kita menciptakan solusi sebagai agregator yang memiliki impact ke lingkungan hingga ekonomi sosial dengan menyelesaikan persoalan di supply chain," kata Ichsan.

Kembangkan aplikasi dan dasbor

Agar tujuan bisa mencapai target yang sesuai sekaligus mendapatkan profit yang berkelanjutan, OCTOPUS kemudian mengembangkan 3 aplikasi yang bisa digunakan oleh pelestari, pengepul, dan konsumen. Sementara untuk brand hingga perusahaan FMCG yang ingin memanfaatkan data yang diperoleh dari para pelestari di berbagai lokasi konsumen, mereka juga menyediakan pengolahan data.

Untuk saat ini strategi monetisasi yang dijalankan adalah B2B. OCTOPUS masih fokus memenuhi permintaan industri lewat dasbor pengolahan data.

Namun untuk membantu pelestari mendapatkan kesempatan langsung penjemputan sampah daur ulang dari konsumen, disiapkan juga aplikasi yang bisa digunakan oleh pelestari dan konsumen secara on-demand. Reward yang diterima oleh konsumen nantinya berupa poin yang bisa ditukar untuk pembelian pulsa, token listrik, hingga pembelian produk F&B.

Sebagai lulusan Grab Velocity Ventures (GVV) Batch 4, OCTOPUS juga menawarkan penukaran poin untuk layanan yang ada di Grab seperti GrabBike, GrabMart, dan lainnya.

More Coverage:

JIWA Group Obtains Funding, Changing the Local Coffee Industry Landscapet with Grab & Go Concept

Selain itu bagi pelestari yang berhasil melakukan penjemputan sampah daur ulang langsung ke rumah konsumen, nantinya akan diberikan rekomendasi tempat penjualan barang atau pengepul yang relevan. Sehingga mereka bisa mendapatkan keuntungan lebih dengan melakukan penjualan kepada lebih dari satu pengepul.

"Untuk pengepul juga kami berikan kesempatan untuk mengembangkan bisnis mereka dengan mendapatkan modal dari Bank BJB hingga KemenkopUKM. Dengan [interest] rate yang jauh lebih kompetitif dibandingkan dengan perbankan, para pengepul nantinya bisa melakukan scale-up melalui bantuan modal tersebut," kata Ichsan.

Bersama dengan Pemprov. DKI, OCTOPUS juga telah melakukan kerja sama strategis untuk bisa memanfaatkan bank sampah yang dikelola oleh pemerintah setempat. Termasuk lewat pendirian OCTOPOINT sebagai bagian dari ekosistem OCTOPUS di M Bloc Space Jakarta Selatan. Kini warga Jakarta dapat mengakses layanan tanpa biaya ini untuk memilah, mengumpulkan dan mengelola sampah rumah tangga mereka.

"Setelah memulai dari kota di lapis 2 dan 3, tahun ini OCTOPUS akan mulai fokus mengembangkan layanan di kota lapis 1 yaitu Jakarta dan sekitarnya. Harapannya kami juga akan memperluas layanan ke Jawa Tengah, Jawa Timur dan Jawa Barat," kata Ichsan.

Pendanaan awal dari Openspace Ventures

Sejak awal, misi OCTOPUS membantu para produsen melacak, memilah, dan mengumpulkan produk pasca-konsumen. Sejalan dengan slogan ‘Solusi Daur Ulangmu’, aplikasi OCTOPUS memberikan kemudahan bagi pengguna dalam mengelola sampah, sehingga menjadi salah satu solusi untuk mendorong masyarakat membuang sampah atau barang bekas pakai dengan tepat.

Hingga saat ini OCTOPUS masih menjadi pemain pertama yang menyediakan layanan ini. Dengan alasan itulah akhirnya Openspace Ventures bersedia untuk memberikan pendanaan awal.

More Coverage:

JIWA Group Terima Pendanaan, Konsep “Grab & Go” Mengubah Lanskap Industri Kopi Lokal

Meskipun mengaku masih memiliki runway yang cukup dan telah mendapatkan profit, perusahaan masih memiliki rencana untuk melakukan penggalangan dana tahapan selanjutnya.

"Setelah mendapatkan dana segar dari Openspace Ventures, kami memiliki rencana untuk menambah jumlah tim dan fokus kepada pengembangan produk, terutama pengembangan 3 aplikasi dan data dashboard yang kami miliki," kata Ichsan.

Application Information Will Show Up Here
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again