Mengelola Stok Produk Jadi Mudah Lewat Aplikasi Sahabat Bisnis, Intip Caranya!

Kesulitan mengelola stok barang? Yuk, simak langkah-langkah mengelola stok barang menggunakan aplikasi Sahabat Bisnis. Praktis dan efektif!

Apakah Anda memiliki bisnis namun sering kali kesulitan dalam mengelola stok produk? Jangan khawatir, kini terdapat banyak aplikasi penyedia solusi pengelolaan stok produk. Salah satu di antaranya adalah Sahabat Bisnis.

Dapat digunakan secara gratis, Sahabat Bisnis merupakan platform yang memberikan pelayanan digital untuk berbagai kebutuhan pengelolaan bisnis. Mulai dari inventory management, e-invoicing, hingga cloud computing.

Lalu, bagaimana caranya? Simak artikel ini hingga akhir, ya!

Tutorial Mengelola Stok Produk Melalui Sahabat Bisnis

Dengan menggunakan aplikasi Sahabat Bisnis, mengelola stok produk menjadi lebih mudah. Anda hanya perlu mengikuti langkah-langkah di bawah ini.

  • Langkah pertama, Anda perlu membuat SKU Produk untuk produk yang belum terdaftar. Klik Master Data kemudian pilih Produk. Selanjutnya, klik tombol Tambah Produk.
  • Lengkapi data produk dengan mengisikan informasi produk secara lengkap, lalu klik Simpan
  • Bila SKU produk berhasil tersimpan, maka akan muncul pop-up notification seperti gambar di bawah ini
  • Untuk menambahkan stok produk, pergi ke menu Inventory lalu klik Stok Penyesuaian. Selanjutnya, klik tombol Buat Stok Penyesuaian.
  • Pada halaman Buat Stok Penyesuaian, terdapat tiga menu yang tidak dapat Anda ubah. Pertama, Nomor Stok Penyesuaian. Kedua, Nama Bookkeeper. Dan yang ketiga adalah Tanggal Stok Penyesuaian.
  • Pilih Gudang di mana produk tersebut disimpan dengan cara mengklik dropdown di Pilihan Gudang
  • Tahap selanjutnya, Pilih Produk yang hendak Anda lakukan penyesuaian stok dengan cara mengklik tombol Tambahkan Produk
  • Simpan produk dengan mengeklik tombol Tambahkan Produk. Jika berhasil, produk akan masuk di Tabel Stok Produk yang hendak dilakukan stok penyesuaian.
  • Isikan jumlah stok akhir di kolom Stok Akhir untuk masing-masing produk. Selain itu, Anda juga mengisikannya berdasarkan kolom Jumlah Selisih Masuk/Keluar produk.
  • Pastikan data Stok Penyesuaian terisi dengan benar. Kemudian simpan stok penyesuaian dengan klik tombol Simpan. Jika berhasil, akan muncul notifikasi seperti di bawah ini.
  • Terdapat 2 status utama dokumen Stok Penyesuaian, yaitu
    1. Menunggu Verifikasi, artinya data stok penyesuaian perlu mendapatkan persetujuan dari Bookkeeper.
    2. Terverifikasi, artinya data stok penyesuaian telah mendapatkan persetujuan dari Bookkeeper.

Itulah tadi tutorial untuk mengelola stok produk melalui Sahabat Bisnis. Dengan mengikuti tahapan di atas, Anda bisa mengelola stok produk secara gratis, namun hasilnya sangat fantastis. Selamat mencoba!

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again