1. Lifestyle

Menginjak Usia Hampir Sepuluh Tahun, Blizzard Merilis Infografis World of Warcraft

Apakah World of Warcraft itu? Ia adalah sebuah permainan online dimana pemain dari seluruh dunia mengambil peran sebagai para pahlawan fantasi sembari menjelajahi sebuah semesta yang penuh sihir, misteri dan petualangan tanpa akhir. Permainan yang lebih akrab dipanggil WoW ini merupakan game keempat seri Warcraft, dan MMORPG pertama buatan Blizzard.

Terhitung lebih dari tujuh juta orang mendaftarkan dirinya pada bulan Juli tahun lalu. Angka ini mungkin tidak sebesar jumlah pemain genre MOBA seperti Dota 2 ataupun League of Legends, namun untuk sebuah game yang dirilis hampir sepuluh tahun silam, hal tersebut merupakan sebuah prestasi tersendiri. Jumlah tersebut juga membuatnya masih duduk di tahta teratas genre role-playing dengan pemain paling banyak dan paling setia.

 

Info menarik: [Rumor] Source 2.0 Sedang Dalam Pengembangan Valve

 

Tetapi angka ini bukanlah rekor terbaik World of Warcraft. Beberapa tahun lalu, jumlah player mampu menembus angka 12 juta orang. Satu yang membuatnya sulit untuk diakses oleh gamer 'muda' adalah karena ditengah-tengah maraknya game-game free-to-play dan kebangkitan free-to-play 2.0, Blizzard masih bersikeras untuk tetap menerapkan tarif berlangganan per bulan untuk menkmati permainan ini - ditambah lagi client installer yang dijual terpisah.

Satu petunjuk lagi mengapa metode berlangganan kian menurun adalah keluarnya lead system designer World of Warcraft, Greg Street, untuk bergabung ke Riot Games - sang pencipta League of Legends pada bulan Januari tahun ini. Namun Blizzard menolak untuk berhenti berjuang, memasuki 2014 mereka memiliki strategi baru dan telah menyiapkan expansion pack untuk meneruskan kisah panjang dunia Azeroth.

Menggunakan momentum yang baik di awal tahun, Blizzard akhirnya merilis sebuah infografis menarik tentang MMO garapan mereka ini. Infografis ini cukup panjang, jadi silakan buat diri Anda nyaman lebih dulu sebelum menyimaknya.

Hal pertama yang bisa kita ambil dari infografis ini adalah bagaimana Blizzard bangga dengan jumlah subscriber yang telah mereka kumpulkan.

Tedapat 100 juta akun World of Warcraft di seluruh dunia (dan satu akun dari jutaan gamer itu merupakan akun terbengkalai milik saya yang telah ditinggalkan setelah 'menyelesaikan' The Burning Crusade). Menurut sang developer, 100 juta orang adalah jumlah penduduk Jerman ditambah Belarus ditambah Swedia, yang tergabung dari 244 negara berbeda.

Di antara dua faksi yang bertikai di dalam World of Warcraft, Alliance sedikit lebih populer dibandingkan Horde dengan perbandingan 52% melawan 47%. Anehnya, satu persen dari populasi memilih netral (entah bagaimana caranya).

Satu persen dari 100 juta bukanlah jumlah yang sedikit, ada satu juta orang pemain yang memilih untuk tidak 'bermain'. Dan dari semenjak WoW dirilis, telah tercipta sembilan juta Guild - atau clan, grup-grup komunitas gamer yang berada di bawah satu bendera, biasanya diisi puluhan hingga ratusan orang.

 

Info menarik: Pengapalan Smartphone di Seluruh Dunia Tembus 1 Miliar Unit untuk Pertama Kali dalam Sejarah

 

Dari 100 juta orang pemain, mereka telah menciptakan 500 juta karakter berbeda. Jika diambil rata-rata, maka seorang gamer memainkan lima karakter. 316 karakter tersebut terdeteksi berasal dari Amerika Serikat.

Satu hal lagi yang sangat menarik. World of Warcraft adalah game yang mengambil inspirasi dari fiksi Warhammer dan Dungeons & Dragons, namun semua cerita fantasi ini memiliki satu akar: The Lord of the Rings karya J.R.R. Tolkien. Di dalam seluruh game World of Warcraft (termasuk semua expansion pack yang ada saat ini), MMO ini menyimpan cerita dengan enam juta kata. Jumlah itu setara dengan 12 kopi trilogi The Lord of the Rings.

Dan rencananya, Blizzard akan merilis expansion pack kelima WoW mereka dengan judul Warlords of Draenor di tahun ini...

Via WoW-Europe.com. Gambar header: Blizzard.com.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again