1. Startup

Mengoptimalkan Strategi Pemasaran untuk Bisnis Rintisan

Strategi pemasaran memang penting, harus ada cara efektif untuk mengoptimalkan pemasaran

Salah satu tugas penting dalam perusahaan rintisan adalah memasarkan produk atau yang yang dimilikinya. Proses ini ada pada daftar apa yang harus dioptimalkan dalam startup untuk menumbuhkan bisnis. Masalahnya sebagai perusahaan rintisan dana yang dianggarkan untuk proses penasaran biasanya terbatas atau bahkan apa adanya.

Berikut beberapa tips yang bisa dilakukan bagi bisnis kecil atau rintisan untuk memaksimalkan strategi pemasaran.

Tentukan target akhirnya

Sama seperti strategi pada umumnya dalam menjalankan bisnis, strategi pemasaran butuh tujuan akhir yang ingin dicapai. Seperti kita mengemudikan kendaraan, kita pasti tahu ke mana tujuan kita dan di mana kita akan berhenti. Strategi pemasaran pun demikian. Butuh kejelasan tujuan yang ingin dicapai untuk bisa merancang strategi matang agar bisa sukses menapai target.

Tentukan target pemasaran

Menjadi rahasia umum, memetakan pengguna sangat penting dalam menjalankan bisnis. Dalam strategi pemasaran ini penting untuk bisa menyesuaikan strategi apa yang ingin dipakai. Variabel-variabel seperti jenis kelamin, umur, lokasi, kebiasaan berbelanja, brand favorit dan lain sebagainya harus bisa dipenuhi untuk melengkapi perhitungan-perhitungan strategi pemasaran. Akan sangat efektif jika kampanye pemasaran sampai pada target pengguna yang ingin dicapai.

Membangun tim

Untuk membantu menyukseskan strategi pemasaran yang dirancang, pastikan bisnis menyiapkan tim solid untuk merancang, membangun dan menjalankan strategi dengan baik. Lengkapi tim dengan orang-orang yang ahli di bidangnya. Jika memang ada beberapa anggaran tidak ada salahnya untuk mempekerjakan orang baru, baik itu untuk full time atau freelancer.

Membangun nilai-nilai dengan konten

Digitalisasi informasi membuat konten memegang peranan penting dalam membangun citra sebuah produk. Baik itu konten tulisan atau pun konten video yang sekarang mulai marak. Strategi pemasaran bisa dilengkapi dengan membuat konten yang menerangkan dan menggambarkan produk-produk dan solusi yang ditawarkan. Konten bisa menjadi sumber traffik ke situs resmi. Dari sana keterlibatan pengguna bisa ditingkatkan. Tapi perlu diingat, perlu kualitas, tidak hanya kuantitas.

Berhemat

Mungkin ini hal yang harus dilakukan oleh semua bisnis rintisan dalam mengorganisasi kampanye pemasaran yang efektif. Menekan pengeluaran. Hitung dengan pasti biaya yang harus dikeluarkan untuk pembuatan konten, ads dan channel pemasaran lain. Selalu bicarakan dengan tim dan cari alternatif jalan lain, cara lain yang lebih efektif dari segi pendanaan. Misalnya memanfaatkan fitur-fitur gratis atau trial.

Sebagai bonus, kami berikan 21 strategi marketing yang efektif untuk menjadi referensi ekstra.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again