1. Startup

Menilik Strategi Promosi dan Monetisasi SixReps.com

Sejak kemunculannya, SixReps.com terus bertumbuh, baik dari anggota maupun dari perkembangan yang berkaitan dengan pengenalan layanan ini ke publik. DailySocial pertama kali menuliskan tentang SixReps pada awal bulan Oktober saat masih dalam perkenalan dan belum meluncur untuk publik, salah satu hal yang bagi saya patut digarisbawahi adalah CEO dari layanan ini serta segmen niche yang mereka sasar.

SixReps menerapkan strategi untuk membuat jejaring sosial yang niche, dengan segmen khusus penggemar olah raga - fitness. Meski bisa digunakan oleh semua kalangan, namun berbagai fitur serta fasilitas yang ada dilayanan SixReps mengoptimalkan pengguna yang doyan fitness. Denny Santoso (founder dan CEO SixReps) juga menguasai betul bidang fitness, karena latar belakangnya yang juga sebagai CEO Ultimate Nutrition Indonesia. Perpaduan yang bisa saling mendukung.

Baru-baru ini saya 'berbincang' lewat email dengan Denny dan menanyakan tentang strategi promosi dan monetisasi yang ia jalankan. Sebagai informasi, Denny Santoso mengambil peran dalam pemasaran serta yang berhubungan dengan manfaat untuk pengguna di SixReps sedangkan Sanny Gaddafi bagian teknis.

Ada beberapa hal yang yang berhubungan dengan promosi dan monetisasi yang kini tengah dan akan dijalankan oleh SixReps. Denny Santoso menjelaskan bahwa SixReps kini tengah menjalin kerja sama dengan Men's Health, Gold's Gym, serta beberapa layanan fitness seperti Elite Club Epicentrum, Clark Hatch Surabaya. Untuk beberapa kerja sama yang dilakukan SixReps, memang berbentuk promosi dengan seperti free trial serta co-promotion, seperti kerja sama dengan Elite Club Epicentrum dan Clark Hatch di Surabaya.

Sedangkan beberapa kerja sama yang lain cukup menarik, meski masih dalam bentuk promo tetapi sepertinya akan memberikan dampak bagi SixReps, minimal recognition dari para calon pengguna atau anggota yang telah bergabung dengan layanan SixReps, seperti kerja sama dengan Men's Health dan Gold's Gym.

Denny menjelaskan kerja sama dengan Men's Health berupa official partner, banner SixReps muncul pada halaman situs Urban Athlon Men's Health, pengguna SixReps juga diberikan fasilitas buy 1 get 2 free ticket acara yang akan diselenggarakan tanggal 24 April. Sedangkan untuk untuk Gold's Gym ada beberapa kesepakatan, salah satunya adalah free trial 14 hari bagi anggota SixReps.

Yang paling menarik adalah program SixReps yang bekerja sama dengan Ultimate Nutrition Indonesia (dimana Denny Santoso menjadi CEO).  Akan ada gelaran Ultimate Body Contest Roadshow 2011 pada bulan Mei dan diselenggarakan di 13 kota besar di Indonesia. Secara ini akan menggunakan SixReps Passport sebagai tanda pengenal bagi peserta yang mau melakukan registrasi di lokasi acara. Kenapa menarik, bagi saya bukan pada acaranya tetapi pada penggunaan SixReps Passport sebagai pintu utama untuk mendapatkan fasilitas acara.

Dijelaskan oleh Denny Santoso, "SixReps Passport adalah sebuah KTP Netizen yang nantinya akan berlaku international setelah proses joint venture dengan Ultimate Nutrition, Inc selesai. Passport ini bisa di print dan dibawa ke berbagai partner SixReps untuk mendapatkan manfaat tertentu".

Sebagai tambahan informasi, SixReps sedang dalam tahap negosiasi dengan Ultimate Nutrition, sepertinya info lebih banyak bisa didapatkan pada acara StartupLokal meetup yang akan diadakan pada hari Sabtu besok. Kabarnya, jumlah dana yang ditawarkan pada SixReps cukup besar untuk ekspansi layanan ini ke berbagai negara.

Penerapan sistem SixReps Passport cukup menarik, meski penerapannya dalam bentuk offline, minimal peluang untuk penambahan pengguna bisa terjadi. Jika nantinya kerja sama semain bertumbuh untuk akses SixReps Passport, tentunya bisa menjadi penarik bagi pengguna baru dan lama. SixReps Passport didapatkan dengan bergabung dengan jejaring sosial SixReps, pengguna bisa mencetak 'KTP netizen' ini dan menggunakannya untuk melakukan aktivitas yang berhubungan dengan partner SixReps.

Sedangkan untuk strategi monetisasi, beberapa program terdekat yang akan dijalankan adalah Ads Platform dan Gym Membership. Dijelaskan Denny, Gym Membership ini merupakan, "sebuah platform dimana gym yang menjadi partner akan kami promosikan di website, plus registrasi membership bisa langsung dilakukan di sixreps.com". Selain itu, "member akan mendapat benefit lebih dengan bergabung melalui SixReps. Misalnya akan mendapat free additional month atau discount sebesar sekian persen, atau bahkan nanti akan ada cicilan credit card, etc. Kami akan membuat itu sebagai sebuah platform dimana nanti akan bisa di scale ke seluruh lokasi dimana SixReps berada, apalagi kalau nanti sudah going global".

Sedangkan untuk ads platform, SixReps membuka layanan mereka untuk para pemilik merek yang ingin menggunakan layanan SixReps dalam proses penawaran khusus bagi anggota SixReps, bisa jadi salah satu dari beberapa strategi penerapannya adalah semacam banner yang kini juga telah tersedia di bagian kanan layanan SixReps.

Dengan latar belakang yang dimilikinya serta dukungan pangsa pasar fitness yang terus masih bertumbuh, peluang untuk monetisasi dan promosi cukup besar. Komunitas juga menjadi titik penting untuk pengembangan yang terjadi di SixReps, satu hal yang perlu diperhatikan adalah bagaimana membuat anggota yang ada di layanan SixReps terus beraktivitas di jejaring sosial tersebut. Saya sendiri melihat kini interaksi yang terjadi (update status dan memberi komentar) bertumbuh cukup pesat dibanding ketika awal layanan ini muncul, pengguna yang mem-posting blog dan berbagi juga ikut bertumbuh, namun di beberapa fasilitas, seperti unggah foto dan fitur body progress dan workout masih belum seramai aktivitas update status.

Sejak diluncurkan untuk publik, saat ini SixReps telah memiliki lebih dari 13.000 member (kurang lebih selama 4 bulan sejak akhir November 2010), untuk rata-rata waktu yang digunakan pengguna di situs mereka adalah 18 menit, sedangkan untuk page views kurang lebih 426.000 page views/month.

Pangsa pasar yang telah tersegmentasi memberikan peluang yang cukup terarah bagi program promosi yang dilakukan SixReps, dan tentunya penerapan SixReps Passport menarik untuk diamati perkembangannya, mungkin bisa dikembangkan agar SixReps Passport tidak perlu di cetak, cukup menunjukkannya dengan perangkat bergerak. Perkembangan penerapan Gym Membership juga cukup menarik untuk diamati ketika nantinya dijalankan, karena dunia fitness masih bertumbuh (bisa dilihat dari gencarnya promosi tempat fitness serta pertumbuhan lokasi fitness premium di beberapa daerah) dan memiliki pangsa pasar yang cukup loyal.

Integrasi dari layanan SixReps dan program promosi dan yang berhubungan dengan monetisasi juga menjadi bagian penting, memberikan program promosi yang diminati dan memberi manfaat tentunya akan menambah nilai bagi para anggota layanan SixReps, yang tentunya juga harus sejalan dengan strategi monetisasi SixReps.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again