7 April 2014

by Yoga Wisesa

Menjajal Seagate Backup Plus Fast, Portable Drive Berkapasitas 4TB Pertama di Dunia

Seiring dengan berkembangnya teknologi informasi dan dunia digital, kebutuhan konsumen akan ruang penyimpanan data juga kian meningkat. Namun bukan hanya kapasitas yang menjadi daya tarik medium penyimpanan data, khalayak menginginkan kecepatan yang tinggi hingga akses yang mudah. Dan Seagate sudah cukup lama menyadari hal ini.

Salah satu upaya Seagate untuk memenuhi kebutuhan tersebut adalah dengan mengenalkan Backup Plus Fast. Ini adalah perpaduan antara kapasitas tinggi, kecepatan, fleksibilitas dan mobilitas tinggi. Backup Plus Fast merupakan sistem penyimpanan eksternal portable pertama dengan kapasitas empat terabyte, disajikan tanpa membutuhkan power supply ekternal.

Cara pemakaiannya juga sangat mudah. Anda hanya perlu mengeluarkan Backup Plus Fast dari packaging, menyambungkannya dengan kabel yang telah tersedia ke port USB 3.0 di PC Anda untuk mendapatkan kecepatan maksimal. Di dalamnya Anda akan menemukan installer app Seagate Dashboard - Anda bahkan tidak perlu mengunduhnya dari web.

 

Info menarik: Amazon Fire TV Adalah Kotak Hiburan ‘Serba Guna’

 

Aplikasi ini menyajikan interface yang sederhana, intuitif dan mudah dimengerti. Proses navigasi juga sangat mudah bahkan bagi pengguna komputer awam. Tedapat bagian Social yang memungkinkan Anda masuk ke jejaring sosial dan web seperti Facebook, Flickr hingga YouTube. Dan di sini Anda bisa melakukan backup untuk seluruh foto dan video yang Anda miliki.

Fitur dalam Seagate Dashboard bukan hanya bekerja sangat mulus, namun memiliki fungsionalitas yang luas. Kita semua sadar bahwa perangkat mobile kini menjadi bagian penting dalam keseharian khalayak modern. Dan itu sebabnya Seagate juga melengkapi layanan mereka dengan fitur Mobile Backup.

Dengan kemampuan ini Anda bisa mem-backup seluruh konten perangkat bergerak dan aplikasi yang ada di dalamnya. Anda bisa melakukan setting dalam beberapa langkah sederhana, kemudian sistem ini - antara software Seagate dan Backup Plus Fast - akan melakukannya secara otomatis. App ini tersedia baik untuk iOS dan Android, serta disajikan gratis.

 

Info menarik: NZXT Sentry 3 Memungkinkan Anda Mengkustomisasi Kecepatan Fan PC dengan Sentuhan Jari

 

Tapi tentu Anda membeli Seagate Backup Plus Fast bukan hanya untuk fitur pelengkapnya saja. Penyimpanan portable ini mengambil bentuk yang mungil, hanya berukuran 11,7x8,3 sentimeter dengan lebar 2,2 cm, Seagate memanfaatkan kombinasi material plastik dan logam, kemudian menyajikannya dengan body dove - sehingga ia tidak mudah baret serta kotor karena sentuhan tangan.

Selain itu, penampilannya sangat sederhana. Terdapat logo Seagate di pojok kanan bawah, lampu indikator LED di kiri atas, serta port dual-SATA di bagian atas.

Namun begitu, kita tidak boleh meremehkan kemampuannya. Seagate mengklaim bahwa perangkat ini memiliki kecepatan transfer data hingga 220MB/s - jika kecepatan rata-rata berkisar antara 180 hingga 240 MB/s saja, maka Backup Plus Fast dua kali lebih gesit dibanding penyimpanan portable sekelasnya.

Saya menjajalnya dengan meng-copy sekitar 80GB file dalam bentuk RAR - ada ratusan jumlahnya. Dengan menggunakan port USB 3.0, seluruh data bisa ditransfer dalam 11 hingga 12 menit - hanya dengan menggunakan kemampuan dasarnya saja, dan Dashboard belum terinstal. Sayang, bentuk yang compact memiliki kelemahan tersendiri: jika hard disk rusak, Anda harus mengganti seluruhnya. Apalagi dengan kecepatan yang tinggi, muncul pula resiko baru.

Satu kecanggihan terakhir adalah Anda bisa mengelola file antara Mac dan Windows tanpa perlu mem-format ulang. Fitur ini sangat berguna bagi Anda yang bekerja secara mobile, di kantor, di sekolah dan di rumah dengan platform yang berbeda. Apalagi masing-masing platform sudah dilengkapi app-nya sendiri-sendiri.

Selain dari kekurangan kecilnya itu, Backup Plus Fast menawarkan kombinasi performa hardware dan app yang optimal, kecepatan transfer yang gesit dengan konfigurasi drive ganda, serta harga yang bersaing untuk penyimpanan 4TB - hanya US$ 270.