21 November 2013

by Yoga Wisesa

Menjawab Tantangan Para Rival, Logitech Mengumumkan Powercell Controller

Belum lama Moga Ace Pro diumumkan, Logitech tidak mau kalah dan dengan percaya diri memamerkan controller yang mereka rancang khusus untuk Apple iOS 7. Mereka menamainya dengan Logitech Powercell Controller. Ia juga memiliki desain unik, seakan-akan melupakan ilmu ergonomis yang telah dianut lama oleh Logitech.

Powercell Controller didesain bak sebuah ekstensi panjang iPhone 5 Anda. Di bagian kiri terdapat d-pad dan di sebelah kanan tersaji tombol X, Y, A, B. Dari luar tampaknya tidak ada yang spesial dari controller ini, tapi tunggu dulu: mereka semua dibuat secara analog, dan itu berarti tombol-tombol ini sensitif akan tekanan - ia bisa membaca apakah Anda sedang menekannya dengan intensif ataupun secara ringan. Fitur ini tersedia dalam Powercell Controller dan kini tinggal para developer game-lah yang bisa mengoptimalisasi fungsinya.

Yang cukup menarik adalah dengan desain 'fixed' ia dapat disambungkan ke iPhone 5, iPhone 5C, iPhone 5S serta iPod Touch. Untuk yang terakhir ini Logitech juga telah menyiapkan bantalan khusus untuknya sehingga Powercell Controller bisa memeluk device-device Apple baru ini lebih 'erat'.

Berbeda dengan desain-desain periferal tambahan baik untuk Android maupun Apple yang dibuat menyerupai controller consolegame, Logitech membuang semua ide itu dan menggarapnya dengan rancangan sederhana. Anda ingat seperti apa desain PS Vita? Logitech Powercell Controller tampak jauh lebih sederhana.

Seperti yang bisa dilihat dari namanya (dan seperti Moga Ace Pro juga), Powercell memiliki baterai di dalamnya yang akan terkoneksi via port lightning di sebelah kanan. Logitech menjanjikan bahwa Powercell Controller akan menggandakan daya tahan baterai perangkat Apple Anda. Dan pengguna bisa mengisi ulang Powercell dengan kabel micro USB.

Dari segi estetika dan layout ini kita tidak bisa membandingkannya dengan Ace Pro. Sebelumnya saya membahas bahwa desain analog yang ditempatkan secara asimetris di Ace Pro membuatnya lebih pas jika digunakan untuk bermain game shooter (hal yang sama juga terjadi pada controller Xbox 360), sedangkan layout Powercell Controller tampaknya lebih pas untuk menikmati game-game platformer murni seperti Limbo hingga Lego Lord of the Rings.

Beberapa game bahkan telah disinkronisasi dengannya sehingga bukan lagi menyuruh Anda 'tap pada layar' tetapi 'tekan tombol A'. Canggih bukan? Lagi-lagi saya akan membahas Moga Ace Pro untuk satu hal terakhir: Powercell juga dibanderol dengan harga yang sama, yaitu US$ 100. Silakan pilih 'racun' Anda.

Sumber artikel dan gambar: Kotaku.