9 September 2014

by Yoga Wisesa

Merangkul Fossil Group, Apakah Intel Berniat Menciptakan Wearable Tech Baru?

Menyusul kolaborasi Intel dengan SMS Audio milik Curtis '50 Cent' Jackson, sang produsen chip asal Santa Clara itu memberikan indikasi baru tentang wearable device seperti apa yang menjadi proyek mereka selanjutnya. Intel mengumumkan kerjasama mereka dengan Fossil Group - perusahaan global spesialis aksesoris fashion.

Fossil merupakan brand bereputasi tinggi. Bukan hanya jam tangan, Fossil Group telah lama berkiprah dalam menghadirkan berbagai model perhiasan, kacamata, sepatu hingga tas. Mereka juga memproduksi jam tangan Adidas, Emporio Armani, Diesel, Marc hingga Burberry selain merk milik mereka sendiri seperti Fossil, Relic, Skagen dan Zodiac.

Dari sini kita bisa menebak kemana arahan yang akan diambil oleh Intel dan Fossil. Intel menyebutkannya sebagai langkah "untuk mengidentifikasi, mendukung dan mengembangkan tren yang kian berkembang di bidang teknologi wearable." Tapi berbeda dari momen pengumuman kerjasama Intel dan SMS Audio, mereka belum memperkenalkan gadget baru tersebut.

 

Info menarik: Berkolaborasi Dengan Rapper 50 Cent, Intel Kembangkan Headphone Pendeteksi Detak Jantung

 

"Kombinasi teknologi Intel dan kemahiran Fossil Grup dalam merancang desain fashion inovatif, serta memasarkan dan mendistribusikannya secara global membuat kami percaya diri dengan langkah ini," ucap Vice President Intel dan Manager New Device Group, Mike Bell. "Kami fokus untuk mengindentifikasi tren serta mempelajari cara baru penggunaan teknologi, dengan begitu mempercepat inovasi teknologi wearable di seluruh dunia."

Menurut Intel, sangat penting untuk melihat pasar wearable di luar perspektif 'perangkat pintar' dan kemampuan terkoneksi. Dengan melakukan kolaborasi ini, terbuka pula potensi menciptakan ekosistem baru bahkan untuk kompetitor dan perusahaan di area bisnis lain. Dan pendekatan fashion ialah salah satu jalan menuju ke sana.

Ekosistem yang lebih luas memberikan kesempatan besar bagi desainer dan inovator dalam berkreasi. "Meskipun kami telah mendapatkan kemajuan besar semenjak tahun lalu, kami tidak mau membeberkan semuanya karena kami ingin mengejutkan Anda. Pada akhirnya, perangkat [baru] ini tersaji sederhana: ia pintar dan terkoneksi, dengan chip Intel di dalamnya," ungkap mereka.

 

Info menarik: Perangkat Android Wear Akan Semakin ‘Pintar’

 

"Kami ingin menciptakan platform device wearable terbaik dan memberi ruang bagi orang-orang untuk menunjukkan bahwa teknologi bisa menyatukan kita, serta membuat hidup lebih baik," lanjut Intel.

Tentu penjelasan di atas memberikan sebuah pertanda besar bahwa tidak lama lagi, kita akan menyaksikan kelahiran berbagai perangkat wearable 'Intel Inside', mungkin dimulai dari device sederhana seperti smartwatch atau smartband.

Menariknya, Intel juga menyebutkan kalimat 'platform device wearable terbaik'. Bisa jadi, mereka mempunyai niat membangun platform a la Android Wear. Tapi bukannya merangkul perusahaan-perusahaan elektronik dan telekomunikasi, Intel memulainya dari wilayah berbeda. Nama Intel telah terpercaya di bidang teknologi, sedangkan tema fashion dapat menarik perhatian para pecintanya.

Dari sudut pandang Fossil (dan mungkin brand-brandfashion lain) sendiri, dukungan Intel sangat membantu mereka menghadapi naiknya kepopularitasan nama-nama besar teknologi di lini aksesoris - apalagi Apple juga turut menyiapkan produk smartwatch. Kemungkinan besar kita akan mendapatkan update berita selanjutnya dalam waktu dekat.

Sumber: Intel Newsroom & Blog Intel. Gambar header: Wikipedia.