1. Lifestyle

Micromon, Permainan Monster Capture Adiktif A la Pokemon untuk iOS

Menanti Nintendo merilis Pokemon di platform lain bisa diibaratkan seperti menunggu hujan turun di gurun Sahara. Bagi mereka, game eksklusif adalah harga mati yang tak bisa dikompromi. Sebuah alternatif ditawarkan oleh developer MOGA asal Costa Rica melalui permainan berjudul Micromon. Sayang proyek crowdfunding mereka di tahun 2012 tidak dapat mencapai target.

Dua tahun berlalu begitu saja. Nintendo masih berpegang pada idealisme mereka, dan gamer masih menunggu hingga sesorang (atau tim developer) datang mengisi kekosongan ini. Lalu pada tanggal 4 Agustus lalu, sebuah kejutan menyenangkan hadir untuk pemilik device iOS: Micromon muncul di Apple store. Dan hanya dalam beberapa hari, ia memimpin posisi pertama Apple Chart untuk permainan berbayar.

Bukan hanya itu, saat artikel ini ditulis Micromon mendapatkan user rating 4,5 bintang dari hampir 3.000 pemain, juga menempati urutan ke-38 aplikasi dengan pemasukan terbesar. Banyak kalangan memujinya sebagai permainan a la Pokemon sejati untuk iOS - bahkan beberapa orang mengklaim Micromon lebih baik dari franchise milik Nintendo itu. Tapi apakah Micromon hanya hadir sekedar tiruan dari Pokemon seperti banyak judul game lain di platform mobile?

 

Info menarik: Ketertarikan Konsumen Pada Nintendo Wii U Meningkat Drastis Setelah Ajang E3 2014

 

MOGA mengaku bahwa dengan mengusung genre monster capture, khalayak akan membanding-bandingkannya dengan Pokemon - apalagi dengan nama yang hampir sama. "Micromon adalah permainan yang berbeda, seperti hubungan antara Street Fighter dengan Mortal Kombat," tulis Moga di laman Kickstarter mereka.

Di-setting dalam jagad fantasi bernama Pixekai, Micromon menawarkan dunia permainan yang hidup dan luas. Game ini memiliki jalan cerita dan narasi menarik, serta berbagai macam quest menantang. Ada lebih dari 130 monster yang dapat Anda koleksi, dengan beberapa tahap evolusi. Semua karakter dan monster dibuat dengan animasi yang apik.

Dalam Micromon, gamer bisa mengkustomisasi skill monster agar pas dengan strategi favorit mereka. Anda dapat mengadu keahlian dengan karakter monster tamer lain, atau bergabung ke arena online dan bertanding melawan sesama pemain. Permainan menyuguhkan berjam-jam konten gameplay adiktif dan juga Game Center Support yang siap membantu Anda.

 

Info menarik: Setelah Dirilis 7 Tahun Lalu di Nintendo DS, The World Ends with You Kini Hadir di Android

 

Micromon bukanlah permainan yang kecil. Ia membutuhkan kapasitas penyimpanan kurang lebih sebesar 690 megabyte dan berjalan di platform iOS 6.1 hingga yang terbaru. Device-device yang mendukungnya meliputi iPhone 4, 4s, 5, 5s, 5c, iPod touch 4th dan 5th generation, iPad 2, iPad 3rd dan 4th generation, iPad Air, iPad Mini serta iPad Mini Retina Display.

Dalam versi terbaru, MOGA telah memberantas sebagian bug yang mengganggu dan game juga sudah memiliki fitur autosave. Anda bisa membeli Micromon dengan harga yang murah, hanya US$ 0,99, di Apple store.

Via IGN & Kickstarter. Sumber gambar: Facebook Micromon.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again