1. Lifestyle

Microsoft Akan Hapus Fitur Wi-Fi Sense Milik Windows 10 yang Kontroversial

Pengguna tak perlu lagi khawatir perangkatnya terhubung ke jaringan Wi-Fi umum secara otomatis

Program upgrade gratis Windows 10 akan dihentikan pada 29 Juli mendatang. Namun sebelum hari itu tiba, Microsoft masih punya sejumlah pekerjaan rumah yang harus diselesaikan terkait Windows 10. Salah satu adalah tindakan jelas atas fitur Wi-Fi Sense yang kontroversial.

Wi-Fi Sense pada dasarnya memungkinkan pengguna untuk terhubung ke hotspot umum secara otomatis, serta membagikan password Wi-Fi kepada pengguna lain yang terdaftar dalam kontak. Hal ini jelas menimbulkan kekhawatiran perihal privasi, mengingat peluang diretas selalu lebih besar ketika berada di jaringan Wi-Fi di tempat umum – dan pengguna Windows 10 harus cermat kalau tidak mau perangkatnya langsung terhubung begitu saja.

Beruntung Microsoft akhirnya mau mengambil keputusan untuk menghapus fitur Wi-Fi Sense sebagai bagian dari Anniversary Update yang akan dirilis pada musim panas mendatang. Ini jelas merupakan kabar baik bagi pengguna yang tergolong awam yang tidak paham mengenai Wi-Fi Sense sekaligus tidak menyadari kalau fitur itu sedang aktif di perangkatnya.

Sebelum dihapuskan dari perangkat semua konsumen, Wi-Fi Sense akan terlebih dulu sirna dari perangkat milik pengguna yang tergabung dalam program Windows Insider. Lewat update terbaru yang dirilis (Build 14342), pengguna juga akan menerima pembaruan lain seperti fitur notifikasi dan dukungan gesture pada browserMicrosoft Edge.

Sumber: The Verge dan Windows Blog. Gambar header: Microsoft.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again