1. Lifestyle

Microsoft Akan Umumkan DirectX 12 Pada Ajang GDC 2014

Setelah kebisuan cukup lama tentang keberadaannya, Microsoft akhirnya mengumumkan kelanjutan kisah DirectX 12. Semenjak versi 11 diluncurkan tahun 2008 lalu bersamaan dengan Windows 7, mereka belum pernah memberikan update besar-besaran bagi API tersebut. Dan rencananya Direct X baru ini akan diperkenalkan lebih lanjut dalam Games Developer Conference 2014.

DirectX merupakan API (application programming interface) yang dibuat Microsoft untuk menangani tugas multimedia, khususnya yang berhubungan dengan pemrograman game dan video. Nama yang dimilikinya dirangkum dari komponen-komponen yang ada di dalamnya: Direct3D, DirectDraw, DirectMusic, DirectPlay, dan lain sebagainya.

Dalam penjelasan singkat Microsoft, DirectX 12 merupakan upaya perusahaan tersebut untuk memberikan 'perkakas' yang lebih baik untuk para developer, meningkatkan performa mesin dan mendukung lebih banyak hardware, serta secara spesifik menyebutkan PC, tablet, smartphone dan console game.

 

Info menarik: Nokia X Sudah Hadir di Malaysia

 

Games Developers Confrence 2014 akan diselenggarakan pada tanggal 17 hingga 21 Maret di Moscone Center, San Francisco, Kalifornia. Presentasi Microsoft untuk mengenalkan DirectX dilangsungkan tanggal 20 Maret pukul sepuluh pagi waktu setempat. Walaupun masih sangat minim informasi, ada beberapa hal yang bisa kita analisa.

Yang pertama silakan lihat beberapa logo yang muncul di blog milik Microsoft. Anda bisa melihat nama-nama yang tidak asing di sana seperti AMD, Intel, Nvidia dan Qualcomm. Semuanya merupakan rival dalam bidang mereka namun karena PC dan Windows masih menjadi platform terkuat di dunia, mau tak mau mereka membutuhkannya.

Dan bagi Qualcomm, ini mungkin adalah pertama kalinya mereka mendapatkan dukungan 'penuh' API Microsoft itu. Sebelumnya, Qualcomm bergabung ke Heterogenuous System Architecture Foundation yang diujungtombaki AMD untuk mendukung perkembangan dan pengoptimalisasian teknologi grafis dengan memanfaatkan hardware yang telah tersedia.

Kemudian yang menarik adalah bagaimana Microsoft turut menyebutkan kata 'console'. Kita tahu baik Xbox One dan PlayStation 4 ditenagai chip ber-mikroastitektur Jaguar garapan AMD. Dua-duanya memiliki prosesor delapan-core dengan chip grafis AMD seri HD 7000 (Xbox One HD 7790, PlayStation 4 HD 7850).

 

Info menarik: Cara Mengirim Pesan Suara di Facebook Melalui Peramban Chrome

 

Seperti bagaimana PlayStation 3 yang hanya mampu menjalankan software ber-DirectX 9, kedua home console baru tersebut hanya 'mentok' di DirectX 11. Pertanyaannya adalah: apa dampak hal tersebut bagi para produsen console? Apalagi salah satu di antara platform next-gen tersebut merupakan milik Microsoft sendiri.

Dan yang terakhir, apakah ini merupakan jawaban Microsoft atas kehadiran API AMD Mantle yang diklaim mampu meningkatkan performa game sebesar 20 hingga 40 persen? Dalam demonstrasi saat peluncuran Kaveri di Jakarta, saya menyaksikan langsung bagaimana Mantle mendongkrak hasil uji benchmark dalam satu mesin yang sama.

Akan sangat menarik melihat kemampuan apa yang akan Microsoft jejalkan di dalam DirectX 12. Dan apakah kemampuan itu akan mengembalikan keyakinan dan rasa percaya diri gamer pada mereka?

Via IGN.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again