Categories

Misc

Microsoft Akuisisi AltspaceVR

Sempat diumumkan tutup, nasib layanan social VR itu berubah drastis dan malah akan memperkaya ekosistem Windows Mixed Reality

Glenn Kaonang - 4 October 2017

Awal Agustus kemarin, AltspaceVR mengumumkan bahwa mereka akan menghentikan layanan virtual reality sosialnya. Namun selang beberapa minggu saja, AltspaceVR kembali membuat pengumuman yang mengejutkan bahwa layanannya tidak jadi ditutup berkat bantuan investor baru.

Pertanyaannya, siapakah investor baru itu? Well, sekarang kita sudah punya jawabannya, yaitu Microsoft. Ya, Microsoft baru saja mengakuisisi AltspaceVR secara resmi, dan ini semakin menunjukkan komitmen Microsoft dalam mengembangkan platform Windows Mixed Reality-nya.

Apa yang membuat Microsoft tertarik dengan AltspaceVR? Menurut penjelasan AltspaceVR sendiri, Microsoft punya visi untuk meleburkan teknologi komunikasi ke dalam ekosistem mixed reality. Timing-nya memang sangat pas dengan dimulainya pemasaran headset Windows Mixed Reality dari sejumlah pabrikan, termasuk Samsung.

Baik Microsoft maupun AltspaceVR tidak mengungkap nilai akuisisinya. Kendati demikian, AltspaceVR memastikan bahwa layanannya bakal tetap beroperasi dan akuisisi ini tidak akan berdampak buruk pada komunitas penggunanya.

AltspaceVR pun memastikan kalau layanannya bakal tetap tersedia secara cross-platform di HTC Vive, Oculus Rift, Samsung Gear VR, Google Daydream View maupun PC dan Mac dalam tampilan 2D. Ya, ini berarti pengguna headset Windows Mixed Reality nantinya dapat berjumpa dengan pengguna VR headset lain melalui AltspaceVR.

Sumber: TechCrunch dan AltspaceVR.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter