18 January 2016

by Bambang Winarso

Microsoft Berencana Boyong Aplikasi Word Flow ke iOS?

Aplikasi Word Flow merupakan aplikasi keyboard populer di Windows Phone

Setelah menggulirkan update terbaru untuk aplikasi Microsoft Selfie, sang raksasa software sepertinya kembali sibuk menggarap aplikasi mobile lainnya. Kali ini kabarnya mereka berencana memboyong aplikasi keyboard virtual Word Flow yang sebelumnya hanya ada di habitat mereka ke Android dan iOS. Untuk memuluskan proyek barunya ini, Microsoft pun dikabarkan sudah mengirimkan undangan ke beberapa orang untuk menjajal versi preview-nya.

Dalam surat elektronik yang dikirimkan tersebut, Microsoft menanyakan manfaat dan kemampuan yang ditawarkan oleh aplikasi asli bawaan iOS. Microsoft juga memamerkan rekor kecepatan ketikan yang dicetak oleh aplikasi Word Flow miliknya. Android memang tidak disebutkan di sana, namun berkaca pada kebiasan sebelumnya, setelah iOs biasanya akan diteruskan ke platform Android yang notabene lebih populer di kancah global.

Belum jelas apa yang melatar-belakangi rencana Microsoft memboyong Word Flow ke platform di luar Windows 10 Mobile. Namun tentu langkah ini bukan sebuah manuver yang mengejutkan mengingat sebagian besar aplikasi Office sudah tersedia di sebagian besar platform mobile. Aplikasi-aplikasi produktivitas semacam ini memang membutuhkan dukungan keyboard yang tidak hanya pintar, tapi juga menawarkan kecepatan serta akurasi ketikan.

Jika Word Flow nanti benar-benar dirilis, maka ia akan berhadapan dengan sejumlah aplikasi serupa yang sudah lebih dulu lahir, seperti SwiftKey, Touchpal, dan Fleksy.

Sumber berita WindowsCentral dan gambar header Shutterstock.