1. Lifestyle

Microsoft Luncurkan Fitur Virtual Touchpad untuk Windows 10

Ideal untuk pengguna yang kerap menyambungkan tablet ke layar eksternal dan malas menggunakan mouse

Lewat Surface Studio dan Windows 10 Creators Update, Microsoft sejatinya ingin membuktikan bahwa mereka tidak hanya peduli dengan kalangan mainstream saja. Sebaliknya, mereka malah ingin memperkenalkan fitur-fitur yang sebelumnya tergolong niche ke kaum mainstream, kreasi objek 3D misalnya.

Saya katakan niche karena mayoritas pengguna mungkin tidak membutuhkannya, tapi hal itu tidak menghentikan Microsoft dari berinovasi dan memenuhi permintaan konsumen meski hanya secuil. Kasus serupa bisa dilihat di salah satu fitur baru yang datang bersama Windows 10 Insider Preview Build 14965 buat para tester.

Di versi ini, Microsoft telah menambahkan fitur virtual touchpad atau trackpad, memungkinkan pengguna tablet Windows 10 untuk mengontrol konten pada layar eksternal yang tersambung tanpa perlu mengandalkan mouse. Saat fitur ini diaktifkan, akan muncul sebuah kotak hitam di atas Notification Tray yang fungsinya sama persis seperti touchpad fisik, lengkap beserta tombol klik kiri dan kanan.

Tentu saja tidak semua pengguna rutin menyambungkan tablet-nya ke layar eksternal, tapi sekali lagi, Microsoft menyediakan opsi bagi yang membutuhkan. Bagi yang sering berhadapan dengan skenario ini, setidaknya barang bawaan Anda bisa berkurang satu, yakni mouse.

Pastinya fitur ini bukan satu-satunya yang didapat dari versi baru Windows 10 ini, masih ada pembaruan lain seperti update aplikasi Sticky Note dan penyempurnaan fitur Windows Ink. Kalau Anda sudah tergabung dalam Windows Insider Program dan mengaktifkan mode Fast Ring, Anda bisa menikmatinya sekarang juga.

Sumber: The Verge.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again