1. Lifestyle

Pengiriman Windows Phone Kalahkan iPhone Selama Q3 2013?

Di ranah smartphone persaingan justru lebih banyak melibatkan iOS dan Windows Phone yang saling berjibaku untuk menjadi yang terbaik kedua di bawah Android yang nyaman di posisi pertama.

Yang paling anyar, Microsoft melemparkan bola panas dengan mengklaim bahwa selama kuartal ketiga tahun 2013 pengapalan perangkat platform Windows Phone masih superior ketimbang penjualan iPhone, terutama di 24 negara antara lain Cili, Kolombia, Republik Ceko, Mesir, Ecuador, Finlandia, Yunani, Hungaria, India, Italia, Kenya, Kuwait, Malaysia, Mexico, Nigeria, Pakistan, Peru, Polandia, Arab Saudi, Afrika Selatan, Thailand, Ukrania, Uni Emirat Arab dan Vietnam.

Sementara itu jika dilihat dari posisi pangsa pasar sistem operasi, Microsoft mengklaim telah menduduki posisi kedua di bawah Android terutama di negara-negara berikut,  India, Mexico, Italy, Chile, Thailand, Vietnam, Malaysia, Polandia, Afrika Selatan, Ukrania, Hungaria, Finlandia, Republik Ceko dan Yunani.

Pernyataan Microsoft sempat dipertanyakan oleh sejumlah media, salah satunya adalah TheNextWeb yang secara langsung melakukan konfirmasi. Kepada TheNextWeb, Microsoft melalui juru bicaranya mengatakan bahwa data tersebut didasarkan pada data IDC pada kuartal tersebut.

 

Info Menarik: Samsung Resmi Umumkan Galaxy Note Pro dan Tiga Varian Galaxy Tab Pro

 

Techradar sendiri yang pertama kali mengangkat pernyataan tersebut mendapatkan beberan dari direktur komunikasi Microsoft Christopher Flores, meskipun ia menolak untuk memberikan rincian lebih jauh atas apa yang ia sampaikan. Meski begitu, Flores menjanjikan bahwa pihaknya akan melakukan pembaharuan statistik dalam waktu dekat ini.

Meskipun pihak Microsoft telah melakukan update dan membeberkan negara-negara yang mereka maksudkan namun terkait penyebutan IDC sebagai sumber statistik pun justru menimbulkan tanda tanya lagi.

Jika yang dimaksudkan oleh Microsoft adalah data IDC Q3 2013, maka mereka dipastikan keliru sebab TRL juga sempat mengulas data milik IDC dan volume pengiriman perangkat iPhone masih tiga kali lebih besar ketimbang Windows Phone meskipun memang benar cenderung melemah. Anda dapat melihat kembali statistiknya di tautan ini.

Bila benar adanya maka Microsoft perlu menunjukkan bukti lebih lagi untuk memperkuat pernyataan mereka sebagaimana yang dijanjikan oleh Flores. Jika tidak, bisa jadi hal seperti ini akan menjadi senjata makan tuan bagi Microsoft.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again