1. DScovery

Mindset: Pengertian, Contoh, Pola Pikir, Tips dan Jenisnya

Pola pikir sebagai peta mental berfungsi sebagai dasar perilaku dan tindakan

Cara berpikir atau mindset adalah cara menilai sesuatu dan menarik kesimpulan berdasarkan sudut pandang tertentu. Perbedaan pemikiran muncul dari perbedaan jumlah perspektif yang dijadikan dasar, landasan atau dasar pemikiran. Banyaknya pandangan berpikir dipengaruhi oleh emosi (pikiran).

Pola pikir juga dapat diartikan sebagai keadaan pikiran yang tetap yang dibentuk oleh pendidikan, pengalaman dan prasangka. Pola pikir sebagai peta mental berfungsi sebagai dasar perilaku dan tindakan.

Sebuah peta yang dapat mewakili realitas suatu wilayah membuat orang tahu di mana mereka berada dan ke mana mereka akan pergi sehingga mereka dapat merencanakan bagaimana menuju ke sana.

Kali ini DailySocial.id akan menjelaskan padamu soal mind set dalam tulisan berikut!

Definisi Mindset

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, konsep mindset atau pola pikir adalah sistem atau cara bertindak yang diatur oleh otak kemudian disimpan oleh otak dan disebarkan ke seluruh tubuh sebagai acuan tindakan dan pembentukan karakter. Pola pikir adalah sekumpulan asumsi, cara atau catatan yang dimiliki oleh seseorang atau kelompok dan berakar kuat.

  • Menurut Mulyadi (2007), mindset adalah cara menilai dan memberikan kesimpulan terhadap sesuatu berdasarkan sudut pandang tertentu atau bentuk pikiran atau cara kita berpikir terhadap sesuatu.
  • Menurut Yoga (2008), mindset adalah sekumpulan kepercayaan atau cara berpikir yang mempengaruhi perilaku dan sikap seseorang yang akhirnya akan menentukan level keberhasilan hidupnya.
  • Menurut Khodijah (2006), mindset adalah satu keaktifan pribadi manusia yang mengakibatkan penemuan yang terarah kepada suatu tujuan dengan pola berpikir untuk menemukan pemahaman/pengertian yang di kehendaki.
  • Menurut Budiman (2011), mindset adalah sekumpulan kepercayaan atau cara berpikir yang mempengaruhi perilaku dan sikap seseorang yang akhirnya menentukan level keberhasilan dan masa depan seseorang.
  • Menurut Gunawan (2007), mindset adalah sekumpulan kepercayaan atau cara berpikir yang memengaruhi perlaku dan sikap seseorang, yang akhirnya akan menentukan level keberhasilan hidupnya.
  • Menurut Yunus (2014), mindset adalah cara otak dan akal menerima, memproses, menganalisis, mempersepsi dan membuat kesimpulan terhadap informasi yang masuk melalui indra.

Jenis-Jenis Mindset

Positive Mindset

Dari namanya kita bisa langsung melihat bahwa pola pikir jenis ini berarti pola pikir yang berfokus pada hal-hal yang positif atau baik daripada memikirkan hal-hal yang negatif. Orang dengan pola pikir ini dapat menggunakan strategi seperti bersyukur, introspeksi dan menemukan hal-hal baik yang dapat meningkatkan perasaan positifnya.

Sikap seperti ini biasanya optimis dan mengharapkan yang terbaik. Ini tentu saja baik untuk kesejahteraan kamu sendiri dan kesuksesanmu sendiri. Karena pengembangan dan perkembangan emosi positif dapat membawa kesuksesan dalam kehidupan kerja dan hubungan sosial.

Entrepreneurial Mindset

Pola pikir entrepreneurial jelas didefinisikan sebagai pemikiran kewirausahaan. Ini sangat berguna bagi mereka yang ingin menjadi pengusaha, tetapi juga merupakan pola pikir yang sangat berguna bagi kita semua di dunia sekarang ini.

Karena kehidupan modern seringkali mengalami perubahan yang hampir konstan. Tentu saja, keterampilan yang diperlukan untuk berwirausaha paling berguna untuk beradaptasi dan menghadapi perubahan dan ketidakpastian yang cepat. Oleh karena itu, pola pikir kewirausahaan merupakan pola pikir yang penting untuk dikembangkan.

Ketrampilan ini dipercaya dapat mendukung kesuksesan akademik dan profesional. Tentu saja, ini adalah berbagai keterampilan, dan mungkin tidak ada yang memiliki semuanya pada level tinggi. Oleh karena itu, mungkin hal yang paling berguna adalah mengembangkan keterampilan yang menjadi kelemahan kita.

Scarcity Mindset

Ternyata, ide cara berpikir ini muncul dari cara berpikir yang langka yang ternyata tersebar luas di kalangan masyarakat yang hidup dalam kemiskinan. Pola pikir kelangkaan adalah keyakinan bahwa tidak ada yang pernah cukup. Itu muncul sebagai akibat dari pengalaman masa lalu atau masa kini, ketika tidak ada yang cukup.

Para peneliti percaya bahwa kelangkaan mengubah cara orang memfokuskan perhatian mereka. Misalnya, saat uang pas-pasan, setiap tagihan yang masuk ke rumah terasa lebih berat dan mengancam. Hal ini bisa terjadi karena manusia dirancang untuk lebih memperhatikan ancaman dan hal-hal negatif daripada hal-hal positif.

Seperti yang kita ketahui, kekurangan uang dapat menghilangkan sumber daya intelektual banyak orang. Singkatnya, ketika ada sesuatu yang kurang, seseorang lebih fokus padanya (Shah, Mullainathan, & Shafir, 2012).

Faktanya, pola pikir kelangkaan ini mengubah cara kita mengambil keputusan dan memecahkan masalah. Ketika kita terlalu fokus pada kekurangan saat ini, kita tidak memperhatikan perkembangan jangka panjang.

Akibatnya, kita membuat keputusan yang memprioritaskan kebutuhan mendesak dengan mengorbankan kebutuhan jangka panjang. Akhirnya, kita begitu terperangkap dalam siklus pemikiran jangka pendek ini sehingga keadaan menjadi lebih buruk dalam jangka panjang.

Meskipun pemikiran kelangkaan telah dipelajari dalam konteks kemiskinan, tidak ada alasan mengapa hal itu tidak boleh diterapkan pada bidang kehidupan lainnya.

Ketika kita kekurangan kebutuhan dasar lainnya seperti keamanan, kesehatan, cinta, harga diri, kebebasan, atau rasa hormat, kita bisa menjadi terlalu fokus pada kebutuhan yang tidak terpenuhi dan kurang fokus untuk memastikan kebutuhan lain terpenuhi di masa depan.

Beberapa penelitian bahkan menunjukkan bahwa kelangkaan waktu menyebabkan scarcity. Saat kita benar-benar sibuk, kita menanggapi kebutuhan mendesak dalam jangka panjang dengan mengorbankan waktu. Lebih khusus lagi, tergesa-gesa melahirkan pola pikir krisis yang mendorong orang untuk menyelesaikan krisis saat ini tetapi tidak untuk mencegah krisis di masa depan.

Abundance Mindset

Pola pikir kelimpahan adalah kebalikan dari pola pikir kelangkaan. Hal ini dapat membantu ketika kita tidak lagi berada dalam situasi krisis. Semakin banyak krisis yang kita alami, semakin banyak otak kita terjebak dalam cara berpikir yang melindungi kita di masa lalu, bahkan saat cara berpikir tersebut tidak lagi bermanfaat bagi kita.

Misalnya, tidak masuk akal jika kita tidak lagi hidup dalam kemiskinan, tetapi kita masih terus mengkhawatirkan pembayaran tagihan.

Percuma ketika kita sudah menemukan pasangan yang baik dan kita masih takut dia tidak mencintai kita. Tidak ada gunanya jika kita memiliki kehidupan yang lebih mudah dan terus fokus pada manajemen krisis daripada perencanaan jangka panjang. Inilah saat-saat ketika pola pikir kelimpahan atau kepuasan sangat penting.

Ketika kita berhasil mengatasi tantangan dan tekanan, kita belajar bahwa strategi berpikir scarcity telah berhasil. Namun, saat kita berada dalam situasi yang tidak terlalu menegangkan, strategi yang sama mungkin bukan yang terbaik.

Kita perlu menyadari bahwa kita aman dan kebutuhan kita terpenuhi sehingga kita dapat fokus pada masa depan dan bagaimana kita dapat memastikan bahwa kebutuhan kita terus terpenuhi.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again