Microsoft Akan Rilis Minecraft Education Edition di Musim Panas Nanti

Microsoft Kembangkan Versi Khusus Minecraft untuk Konteks Pendidikan

Merupakan penyempurnaan dari game berjudul MinecraftEdu yang baru-baru ini diakuisisi
Minecraft Education Edition / Microsoft
Minecraft Education Edition / Microsoft

Ketika sedang mengembangkan Minecraft, developer Mojang awalnya mungkin tidak mengira kalau game dengan grafik kotak-kotak tersebut bisa menjadi media pembelajaran yang populer di berbagai institusi pendidikan. Beliau pun sepertinya juga tidak menyangka kalau game besutannya bakal diakuisisi Microsoft senilai $2,5 miliar di tahun 2014.

Menurut Microsoft, sekarang sudah ada lebih dari 7.000 kelas di lebih dari 40 negara yang menyisipkan Minecraft ke dalam kurikulumnya. Beberapa contoh penggunaan Minecraft di ruang kelas yang sudah ada sekarang di antaranya siswa SD yang belajar tentang tata kota, siswa SMP yang belajar dasar-dasar pemrograman komputer dan mahasiswa yang belajar tentang sejarah dengan cara membangun ulang situs-situs bersejarah di dalam Minecraft.

Namun Microsoft tampaknya belum cukup puas, mereka ingin Minecraft bisa menjangkau lebih banyak kelas lagi. Demi mewujudkan misi tersebut, baru-baru ini mereka mengakuisisi sebuah game berjudul MinecraftEdu garapan Teacher Gaming. MinecraftEdu pada dasarnya dirancang secara khusus untuk konteks pendidikan, memungkinkan para pengajar untuk mengadaptasikan game tersebut dengan kurikulumnya secara mudah.

Aset yang Microsoft peroleh dengan mengakuisisi MinecraftEdu ini bakal mereka manfaatkan untuk mengembangkan versi khusus Minecraft Education Edition yang rencananya akan dirilis pada musim panas mendatang, diawali oleh masa pengujian gratis. MinecraftEdu sendiri sejauh ini mematok biaya berlangganan sebesar $25 per server – satu server-nya bisa mengakomodasi sekitar 30 siswa sekaligus.

Minecraft Education Edition nantinya menjanjikan serangkaian aktivitas yang dapat memaksimalkan keterlibatan maupun kolaborasi antar siswa. Para pengajar bisa bergabung dalam forum, saling bertukar aktivitas menarik yang bisa diaplikasikan ke kelasnya masing-masing.

Sementara Microsoft mengembangkan Minecraft Education Edition, para pengajar yang sudah berlangganan MinecraftEdu masih bisa menggunakan program tersebut sampai versi buatan Microsoft sudah siap. Nantinya, mereka akan diberi bonus gratis berlangganan Minecraft Education Edition selama satu tahun penuh.

Sumber: TechCrunch dan Microsoft Blog.

DailySocial.id adalah portal berita startup dan inovasi teknologi. Kamu bisa menjadi member komunitas startup dan inovasi DailySocial.id, mengunduh laporan riset dan statistik seputar teknologi secara cuma-cuma, dan mengikuti berita startup Indonesia dan gadget terbaru.

Game
Artikel Populer
x
Minerva | Maximize
3

Minerva is typing…