1. Lifestyle

Minecraft Pocket Edition Tembus 21 Juta Kopi

Minecraft membuka mata kita bahwa game yang baik tidak harus selalu disajikan dalam visual terbaik. Setelah sukses di PC, permainan ini di-port ke console. Perangkat mobile-pun mendapatkan versi mereka sendiri. Dan seperti dugaan banyak orang, Minecraft versi portable sangat laris, bahkan melewati sepupu Xbox dan PC-nya dengan terjual lebih dari 21 juta kopi.

Jadi seberapa sukses Minecraft di mata industriawan hiburan digital? Mari kita bandingkan dengan Grand Theft Auto V. Versi Xbox 360 dan PlayStation 3 permainan fenomenal ini terhitung telah terjual 32,5 juta kopi. Sangat banyak, tapi tidak sebanyak Minecraft. Silakan hitung, versi Xbox 360 memecah angka 12 juta kopi, versi PC-nya 14 juta kopi, dan silakan tambahkan dengan Pocket Edition, belum lagi versi PS3 yang tidak lama dirilis.

Pada dasarnya, Pocket Edition tidaklah selengkap Minecraft di PC ataupun console. Versi portable berkonsentrasi pada menciptakan bangunan dan aspek bertahan hidup saja. Developer Pocket Edition, Jens Bergensten, pernah menjelaskan di Twitter miliknya bahwa versi iOS-nya dibuat khusus dalam bahasa pemrograman C++ - karena sistem operasi ini tidak mendukung Java.

 

Info menarik: Age of Mythology Akan Dirilis Kembali di Steam

 

Untuk merayakan hal tersebut, Jens Bergensten bersama kawan-kawan developer Minecraft Pocket Edition lain, Johan Bernhardsson, Owen Hill dan Tommaso Checchi, akan membuka sesi diskusi live streaming. Mereka membuka thread di Reddit agar konsumen bisa mengajukan pertanyaan ataupun masukan, kemudian mereka akan merangkumnya dan mencari yang terbaik.

"Kami belum tahu pasti kapan live streaming akan dilakukan, tapi jangan khawatir Anda akan melewatkan sesi live-nya, karena kami akan mengunduh rekaman acara ini tidak lama setelahnya," kata Owen.

Ia meneruskan, "Kami melakukan ini untuk memperingati penjualan Minecraft Pocket Edition yang melampaui angka 20 juta beberapa hari yang lalu. Kami sangat berterimakasih pada seleuruh dedikasi dan kreativitas semua pemain. Tanpa hal tersebut, kami tidak akan sukses seperti sekarang."

 

Info menarik: Prodigy: Kombinasi Video Game, Action Figure dan Card Battle

 

Ada sedikit fenomena aneh dalam tiap versi Minecraft. Saat dirilis di PC, game ini mendapatkan tanggapan yang sangat positif karena benar-benar merombak persepsi kita pada formula permainan open-world. Kemudian saat dirilis di Xbox 360 (dan PS3 beberapa bulan lalu), Minecraft juga direspon dengan baik oleh khalayak console - walau tidak sebaik PC karena kebebasan berkreasi tidak seleluasa versi sepuhnya itu.

Anehnya, Pocket Edition di iOS justru mendapatkan skor di bawah rata-rata. Mayoritas pengulas kecewa pada ketiadaan banyak fitur penting yang membuat versi PC-nya sukses - termasuk ketiadaan musuh. Tanpa konten kustom dari komunitas dan modder, game ini benar-benar menggantungkan nasib pada developer. Mudah-mudahan update ke depan membuatnya lebih baik.

Sumber: Mojang.com. Gambar header: HallofGaming.de.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again