14 April 2014

by Yoga Wisesa

MisTable, Teknologi Interface Kombinasi Hologram dan Layar Sentuh

Bagi yang sudah menonton salah satu film Iron Man, Anda mungkin bertanya-tanya kapan sebenarnya teknologi display dan interface hologram milik Tony Stark bisa diaplikasikan ke dunia nyata? Jawabannya cukup mengejutkan: mungkin dalam waktu dekat. Teknologi perdana ini disebut dengan nama MisTable, buatan para peneliti di Universitas Bristol.

Bukan hanya Marvel Studios yang memimpikan teknologi ini, teknologi antara muka ini juga sering hadir dalam film-film dan game sci-fi seperti Minority Report hingga Mass Effect. Dan dalam penampilan perdananya, pengguna bisa benar-benar menggeser gambar atau objek yang 'terbang' di udara ke posisi yang mereka inginkan, bahkan menaruhnya di permukaan layar sentuh dua dimensi.

Bagaimana para peneliti melakukannya? MisTable memanfaatkan 'tirai' uap kabut yang dihasilkan sebagai medium tempat gambar diletakkan. Cara menggunakannya sama seperti kita memanfaatkan layar sentuh: gunakan tangan untuk menavigasi dan menggeser objek. Objek bisa tampil melayang atau diposisikan secara horisontal di layar. Dengan begitu pengguna mendapatkan tampilan pratinjau sebelum menyimpan atau mencetak proyek yang mereka buat.

 

Info menarik: Mini Mobile Robotic Printer, Robot Printer Mungil dengan Desain Keren

 

Uniknya lagi, MisTable memungkinkan satu grup pengguna untuk mengerjakan tugas atau proyek bersama-sama. Apalagi dengan penampilan yang transparan, semua user bisa melihat objek yang sedang di-edit ataupun dimanipulasi. Menurut para penciptanya, MisTable akan memiliki kemampuan interaksi yang lebih detail dalam inkarnasi selanjutnya.

Untuk saat ini, visi mereka adalah menciptakan tingkat kustomisasi objek digital yang lebih tinggi juga metode interaksi yang unik, dengan menyajikan dua jenis konten: tiga dan dua dimensi. MisTable memungkinkan Anda untuk menggerakan dan memanipulasi objek 3D baik memutarnya dalam poros ataupun menggerakkannya dalam ruang tiga dimensi. MisTable membaca ujung jari Anda sebagai 'cursor' untuk berinteraksi.

MisTable memanfaatkan beberapa komponen untuk bisa melakukan hal tersebut. Perangkat ini memiliki mesin pencipta kabut Antari Z800II, sumber air, sistem 'ruang distribusi', struktur meja, proyektor Benq PB7210 dan bagian display horisontal FTIR. Selain itu MisTable juga didukung teknologi Leap Motion dan Kinect.

 

Info menarik: Mengapa Versi PC Dark Souls II Sepadan dengan Penantiannya

 

Proyek pembuatan perangkat ini dipimpin oleh Profesor Sriram Subramanian dan Dokter Diego Martinez Plasencia dari Department of Computer Science di Universitas Bristol. MisTable pertama kali dipamerkan dalam ajang ACM CHI Conference. Di sana para ilmuwan mencoba mencari cara baru dalam interaksi manusia dengan komputer.

Kemampuan MisTable mungkin masih jauh dibandingkan apa yang dimiliki Tony Stark ataupun dalam kisah-kisah fiksi ilmiah lain. Dalam film Minority Report, teknologi display hologram sudah menjadi hal wajar bagi manusia di tahun 2054 - 40 tahun dari sekarang. Namun dengan MisTable, teknologi ini mungkin akan datang lebih cepat.

Sumber: Bristol.ac.uk.