20 November 2013

by Yoga Wisesa

Moga Ace Pro: Periferal Kontrol Pertama Untuk iOS 7?

Dalam industri hiburan digital, persaingan ketat bukan hanya terdapat di lini spesifikasi hardware, tetapi juga merambah pada adu canggih teknologi controller. Baik Sony, Microsoft dan Valve mengeluarkan uang yang tidak sedikit untuk merancang baik DualShock 4, controller Xbox One ataupun Steam Controller.

Jika Anda pemilik device iOS, Anda juga bisa turut bergembira karena Moga juga telah menyiapkan controller pertama yang kompatibel dengan sistem operasi Apple terbaru, iOS 7.

Moga melakukan debut pertama kali dengan meluncurkan beberapa aksesori game platform Android di tahun 2012. Salah satu yang cukup menarik adalah Moga Pro (bukan Mega Pro). Untuk platform iOS, Moga memberinya nama Ace Power.

Ace Power memungkinkan Anda menggunakan perangkat Apple yang berbeda dengan ukuran yang bisa disesuaikan, tergantung apakah Anda ingin menikmati game-game di iPhone 5, iPhone 5C, iPhone 5S dan iPod Touch generasi kelima. Anda menyambungkan Ace Power ke device ber-iOS 7 via connector lightning di sebelah pinggir, kemudian Ace Power akan 'mengunci' device ini.

Moga Ace Pro memiliki desain penempatan stik analog asimetris yang mengingatkan kita pada Xbox 360 dipadu dengan layout dan bentuk stik analog yang mirip dengan milik Nintendo 3DS. Anda juga mendapatkan dua buah tombol di bagian samping, dua buah trigger dan empat face-button warna warni di bagian kanan.

Desain keseluruhan Moga Ace Pro juga terlihat kokoh. Berbeda dengan beberapa kontroler tambahan pada Apple sebelumnya yang menitikberatkan beban pada device, Ace Pro, seperti Moga Pro malah menjaga iPhone (atau iPod Touch) tetap di dalam 'buaian'.

Tapi tentu saja nasib Moga Ace Pro sangat bergantung pada developer app dan game. Kita tahu mayoritas game untuk mobile saat ini dirancang untuk kontrol layar sentuh dan pemanfaatan gyroscope. Akan sayang disayangkan jika hanya sedikit game yang mendukung penuh controller berdesain keren ini. Analog yang disajikan asimetris membuatnya cukup intuitif untuk menikmati permainan-permainan shooter, jadi kita berharap developer FPS di iOS menyadari hal ini.

Moga Ace Pro juga dirancang dengan baterai 1800 mAh yang turut memperpanjang daya tahan baterai iPhone dan iPod Touch terbaru. Kita tahu menambahkan periferal terpisah pada handset akan menguras baterai dengan cepat, ditambah lagi jika Anda menggunakannya untuk bermain game-game 3D secara intensif.

Rencananya Moga Ace Power akan dibanderol seharga US$ 100. Saat ini Moga belum mengumumkan kapan ia akan dirilis, namun mereka berani mengklaim bahwa Ace Pro merupakan controller pertama untuk iOS7. Tapi bukankah Logitech dan GameCase juga telah menyiapkan controller game mereka jauh sebelum Moga mengumumkan Ace Pro? Jika Anda tertarik, Anda bisa mendaftarkan email untuk mendapatkan informasi serta pengumuman langsung via laman MogaAnywhere.com.

Via TechRadar.