3 June 2015

by Yoga Wisesa

[Computex 2015] MSI Benamkan Teknologi Unik dan Canggih Dalam Hardware Mereka

Tahun demi tahun MSI ingin nama mereka selalu membekas di ranah gaming, ajang Computex-pun dimanfaatkan sebaik-baiknya. Kita tahu sang produsen PC asal Taiwan tersebut mempunyai jajaran produk sangat banyak, dan di momentum pembukaan pameran ICT terbesar se-Asia itu, MSI mengajak Trenologi menilik beragam komponen canggih di booth mereka.

Di lini produk komponen, ada dua varian yang jadi andalan MSI, yaitu motherboard dan kartu grafis. Mereka ialah 'organ penting' penentu kinerja, konektivitas serta fitur komputer Anda. Sebelumnya sudah dibahas bagaimana motherboard mereka sukses menyabet gelar Best Choice Award dan Best Choice Golden Award Computex 2015, tapi ternyata gelar flagship tidak MSI berikan pada para pemenang, melainkan untuk sebuah komponen bernama X99A Godlike Gaming.

Seorang gamer - terutama MOBA - mungkin familier dengan istilah godlike. Biasanya julukan ini diperuntukkan bagi mereka yang berhasil membungkam sejumlah lawan dalam waktu singkat. Huruf depan Godlike Gaming juga dimaksudkan supaya menjadi kependekan dari GG, atau artinya good game. Dan melihat deskripsi di atas, sudah jelas X99A Godlike Gaming ditargetkan khusus kepada gamer profesional sampai hardcore.

Di sisi estetika, X99A adalah motherboard pertama di dunia dengan lampu LED RGB, mendukung 2.000 warna dan memiliki pola preset berbeda-beda seperti breathing, waving dan flashing. Komposisi warna bisa dikustomisasi sesuai keinginan, misalnya agar menyerupai casing atau gaming gear favorit Anda. Emily Lai dari MSI sempat mendemonstrasikan pada saya kemampuan X99A dalam merespon musik ala equalizer, lalu LED dapat diatur dari aplikasi mobile.

Info menarik: Sambut Computex Taipei 2015, MSI Ungkap Produk Canggih Mereka

Terdengar mengagumkan? Fitur di dalamnya bahkan lebih canggih lagi. Untuk performa audio, MSI membenamkan teknologi Audio Boost 3 Pro. Anda tidak perlu membeli sound card terpisah buat memperoleh kualitas suara kelas studio lengkap dengan bass membahana dan nada sejernih kristal kuarsa. Sebagai jantungnya, posisi Sound Blaster telah digantikan teknologi Nahimic, sebuah perusahaan spesialis audio militer asal Prancis - mendapatkan kontrak perdananya sepuluh tahun silam.

Terutama pada kompetisi olahraga elektronik, jeda sekecil apapun bisa sangat mengganggu. Lewat Killer Doubleshot-X3 Pro, koneksi PC anda baik via Wi-Fi atau Ethernet selalu terjamin. Ia menyuguhkan kecepatan maksimal, diklaim mampu menyentuh 2,867Gbps. Dan Doubleshot-X3 Pro tak cuma berguna untuk gaming, namun juga menopang aktivitas streaming serta menonton video secara bersamaan tanpa interupsi.

Oh Anda gemar streaming? Berita gembira, MSI turut menautkan integrasi Streaming Engine. Ia memungkinkan kita merekam video permainan tanpa membebani kinerja hardware. Maksudnya ialah, game tetap berjalan lancar sewaktu PC melakukan streaming di resolusi 1080p dan 30fps dengan bitrate 60 megabit per detik. Rahasianya terletak pada encoder H.264.

Motherboard anyar MSI, termasuk X99A Godlike Gaming, tak lupa dibekali sambungan USB 3.1 generasi kedua. Kecepatannya menyentuh titik 10Gbps. Mari kita komparasi dengan versi-versi sebelumnya: ia dua kali lipat USB 3.0, 20 kali lebih gesit dari USB 2.0 standard, dan sanggup menyusul SATA. Memindahkan file game, koleksi musik dan film berlangsung sekejap.

Info menarik: Motherboard MSI Raih Sertifikasi Microsoft Windows 10 Pertama di Dunia

Solusi keleluasaan ruang penyimpanan terdiri atas SATA Express, teknologi Twin Turbo M.2 (kecepatan hingga 32Gbps), dan add-in card M.2 to Mini-SAS HD.

Mungkin belum lama Anda sempat mendengar soal pengumuman kartu grafis kelas konsumen paling canggih Nvidia bernama GeForce GTX 980 Ti. MSI sudah menyiapkannya, ditambah racikan khas mereka. Iterasi MSI tersebut hadir sebagai GTX980 Ti Gaming G6. GPU discrete itu menyimpan VRAM sebesar 6GB, dipadu sistem pendingin Twin Frozr V. Kemudian terdapat lampu LED naga logo MSI, yang bisa dikendalikan melalui aplikasi MSI Gaming.

Tidak puas hanya dengan sebuah GPU? Lebih memilih dua atau tiga kartu grafis sekaligus? Jangan khawatir, MSI menyediakan bridge SLI unik ber-LED buat menyambungkan semuanya. Build quality semua komponen tidak perlu diragukan, dan tim Micro-Star International menjanjikan GTX980 Ti Gaming G6 sanggup menyajikan 'pengalaman gaming yang hening dan sejuk'.

MSI masih enggan menyebutkan harga dan tanggal rilis komponen-komponen baru mereka, tapi saya yakin ia akan tiba di tanah air tidak lama lagi.