30 July 2015

by Yoga Wisesa

MSI Berikan 'Sneak Peek' Motherboard Intel Z170A Spesialis Gaming

Familierkah Anda dengan Skylake? Ia merupakan codename mikroarsitektur prosesor Intel penerus Broadwell. Keberadaannya sendiri sudah diketahui sejak September silam, dan kabarnya, Skylake akan meluncur beberapa hari lagi. Tampaknya mengantisipasi hal itu, MSI sudah mempersiapkan motherboard khusus pendukung varian berperforma tingginya, Skylake-S.

Lewat laman Facebook, MSI memublikasi sebuah gambar, memperlihatkan tiga model motherboard Z170A berbeda: Gaming M5 untuk para antusias, M7 buat performance gaming, lalu M9 ACK dikategorikan dalam level 'arsenal'. Mainboard gaming ini dedesain demi menopang Intel Core i5 dan i7 'Skylake-S' di form-factor LGA1151. Jika Anda sedang mempertimbangkan beralih ke CPU Skylake, maka seri Gaming M MSI ini merupakan opsi yang patut dipertimbangkan.

Tingkatan hierarki produk bisa kita lihat dari ilustrasi di sana. Z170A Gaming M5 ialah tipe entry-level, sedangkan M9 ACK menawarkan kapabilitas paling canggih. Apa saja spesifikasinya? Gaming M menyuguhkan dukungan memori DDR4 dual-channel, PCI Express 3.0 ekstensif, dan mampu menjadi rumah bagi dua unit kartu grafis high-end. Ia menyimpan sepasang slot M.2 buat SSD, connector SATA Express, USB 3.1 sampai output suara AudioBoost III ber-channel 7.1.

Penjabaran di atas memang cukup teknis, tapi intinya meskipun motherboard Gaming M diracangan untuk beberapa segmentasi pasar berbeda, semuanya ditargetkan demi memuaskan gamer PC. Terdapat VRM (voltage regulator module) digital untuk CPU di ketiga tipe tersebut, namun Z170A Gaming M9 ACK-lah yang dikemas dengan kemampuan terhandal. Ia kompatibel ke pendingin berbasis cairan, tak lupa dibekali fitur paling banyak,  serta keleluasan dalam overclock.

Info menarik: MSI Pamerkan Jajaran Kartu Grafis AMD Radeon Teranyar

Gaming M9 ACK turut dilengkapi backplate Reactive Armour. Jika dilihat lebih dekat, motherboard menyajikan conector input periferal terdedikasi. Dan diadu dari sisi sambungan ke internet, tentu saja para pemilik M9 ACK diuntungkan oleh kehadiran Killer buat koneksi Wi-Fi 802.11ac dan Gigabit Ethernet.

Faktor esensial lain yang MSI tambatkan di ketiga motherboard anyar ini adalah Game Boost, di mana prosesor dapat ter-overclock secara otomatis hingga 5GHz. Game Boost sanggup menyimpan tujuh preset sehingga pengguna paling awam sekalipun diperkenankan bermain-main dengan kemampuan overclocking di Gaming M. Perlu diketahui, MSI sama sekali tidak memangkas fitur terkait performa di ketiga tipe.

MSI menjelaskan bahwa trio motherboard Z170A Gaming M akan tersedia setelah tanggal 5 Agustus 2015. Melihat agenda, itu ialah hari dirilisnya Intel Skylake, bertepatan dengan dimulainya ajang Gamescom 2015.

Via Kit Guru.