Categories

Gadget

MSI Luncurkan Dua Laptop Bisnis Baru, Summit E13 Flip Evo dan Summit E16 Flip

Ikuti tren layar dengan aspect ratio 16:10

Glenn Kaonang - 5 April 2021

Sungguh menarik melihat perkembangan pasar laptop. Brand yang tadinya berfokus di segmen bisnis kini mendulang sukses di ranah gaming, Lenovo contohnya. Sebaliknya, merek yang akarnya terbentuk di industri gaming justru kini ikut mencicipi peruntungan di ranah laptop bisnis, lihat saja MSI.

MSI sebenarnya sudah memperkenalkan seri laptop bisnisnya sejak tahun lalu, namun untuk tahun 2021 ini, mereka sudah menyiapkan dua model anyar yang cukup menarik, yaitu Summit E13 Flip Evo dan Summit E16 Flip. Keduanya lagi-lagi mempertahankan gaya desain yang minimalis serta elegan, dengan rangka yang terbuat dari bahan aluminium utuh yang dibentuk dengan teknik CNC machining. Satu tebalnya 14,9 mm (E13), satu lagi 16,85 mm (E16).

Seperti yang bisa ditebak dari namanya, Summit E13 Flip Evo hadir membawa layar sentuh IPS 13,4 inci beresolusi FHD+, sedangkan Summit E16 Flip dengan layar sentuh IPS 16 inci beresolusi QHD+. Keduanya sama-sama mengandalkan engsel 360 derajat dan aspect ratio 16:10 yang memiliki porsi vertikal lebih banyak daripada 16:9. MSI turut menyediakan aksesori stylus yang bisa ditempelkan secara magnetis ke bagian samping laptop.

Satu hal yang sangat mencuri perhatian saya adalah perbedaan tampilan keyboard pada kedua model. Bukan sekadar berbeda layout, akan tetapi tampilan font pada tiap-tiap tombol juga berbeda; E13 kelihatan elegan sebagaimana mestinya, sedangkan E16 masih kelihatan mirip seperti milik laptop gaming. Saya curiga hal ini ada kaitannya dengan spesifikasi yang diusung oleh masing-masing model.

Keduanya memang sama-sama ditenagai oleh prosesor Intel generasi ke-11, akan tetapi cuma E16 saja yang dapat dikonfigurasikan dengan kartu grafis RTX 30 Series, yang tentu saja sangat bisa diandalkan untuk gaming seandainya dibutuhkan. Sebaliknya, E13 cuma memiliki opsi Intel Iris Xe, meski itu pun sudah tergolong cukup kapabel untuk ukuran chip grafis terintegrasi. Baterainya sendiri diklaim tahan sampai sekitar 20 jam pemakaian.

Guna semakin memaksimalkan performanya, MSI tak lupa membekali keduanya dengan SSD PCIe Gen 4. Lalu seandainya membutuhkan kapasitas penyimpanan ekstra, ada slot kartu microSD yang bisa dipekerjakan. Urusan konektivitas, kedua laptop sama-sama mengemas chip Wi-Fi 6E serta port Thunderbolt 4.

Sayangnya sejauh ini MSI masih bungkam soal harga dan ketersediaannya. Selain stylus, MSI nantinya juga akan menawarkan aksesori lain berupa USB-C Docking Station guna menyulap perangkat menjadi semacam workstation dengan konektivitas yang lengkap.

Sumber: SlashGear dan MSI.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter