1. Lifestyle

MSI Luncurkan PC Barebone Gaming Pertama Mereka, MSI Nightblade

Walaupun memproduksi berbagai jenis PC, dua bidang utama yang menjadi senjata andalan MSI adalah pengembangan komponen hardware dan notebook gaming.

Mereka dapat bersaing dengan mudah karena berhasil menyajikan opsi yang luas dengan harga yang relatif murah. Dan kali ini secara perdana MSI perkenalkan desktop gaming barebone mereka, Nightblade.

PC barebone merupakan platform semi-rakitan yang memadukan kemudahan produk retail dan fleksibilitas saat merakit PC sendiri. Biasanya sistem barebone tidak dibundel bersama OS, monitor serta periferal seperti keyboard, mouse dan lain-lain. Hal ini ditujukan agar konsumen bisa memilih/mengkustomisasi sistem mereka serta meminimalisir harga.

 

Info menarik: MSI Beat It Gaming League Dota 2 Telah Dilangsungkan di Jakarta

 

MSI Nightblade mengusung desain mungil, kokoh dengan opsi kustomisasi yang tinggi. Mereka mengklaim bahwa PC barebone gaming ini sama sekali tidak memberikan kompromi pada performa. MSI membenamkan motherboard rancangan mereka di dalamnya, dipadu dengan power supply unit sebesar 600W, casefan Dragon dan fitur overclock Genie.

Yang paling unik dari Nightblade adalah desain internalnya. Walaupun mengusung rancangan form factor mini-ITX, Nightblade mendukung kartu grafis ATX/standar, PC ini juga bisa dipasangkan dua buah SSD, ditambah sebuah hard disk bahkan optical drive jika Anda mau.

Terdapat 'pegangan' di bagian depan dan bukan hanya sebagai pemanis. Dengan handle tersebut, Anda akan lebih mudah mengangkat Nightblade - PC ini cocok dibawa-bawa ke acara LAN party.

Seperti yang tadi saya bahas, Nightblade bisa dipasangkan dengan kartu grafis berukuran standar - atau setidaknya yang memiliki panjang 29 cm dengan lebar 3,5 cm. Itu berarti Nightblade bahkan mampu memuat AMD R9 290X, salah satu kartu grafis paling high-end saat ini. Mengkustomisasi Nightblade juga sangat mudah berkat panel-panel yang mudah dilepas, membuatnya sangat berbeda dari PC mini-ITX lain.

Dan seperti produk gaming notebook MSI, Nightblade dapat dengan mudah di-overclock tanpa menggunakan software yang rumit ataupun mengoprek seluruh hardware Anda.

Anda hanya perlu menekan tombol OC Genie di bagian depan, maka hardware interior di dalam Nightblade akan ter-overclock dalam hitungan detik. Lampu indikator akan menyala dan Anda bisa tahu bahwa hardware-hardware tersebut sedang dipacu untuk menghasilkan performa maksimal.

 

Info menarik: Notebook Gaming MSI GT70 2OC Menangkan Dua Penghargaan di Tahun 2013

 

Bagian fan MSI Nightblade dibuat secara khusus untuk chassis mungil ini. Anda bisa mengatur kecepatan putarnya bahkan hingga 3600 rotate per-minute, jauh lebih tinggi dibandingkan casefan PC biasa. Di dalamnya terdapat dua buah fan internal, Anda bisa menambahkan fan ketiga sebagai pelengkap dengan empat ventilasi udara yang memastikan sirkulasi udara optimal.

Saat berbicara dengan sang Regional Marketing Manager MSI, Green Lin, minggu lalu, saya sempat bertanya mengapa MSI tidak turut bergabung dengan proyek Steam Machines. Saya yakin MSI dapat menjadi pilihan terfavorit, mengingat harga produk mereka yang terjangkau. Tapi sepertinya mereka masih fokus pada produksi komponen motherboard, GPU serta gaming notebook dan all-in-one PC.

Mungkin setelah Nightblade diluncurkan, siapa tahu perspektif mereka berubah. Siapa yang tidak mau Steam Machines dengan tingkat kustomisasi penuh dan harga terjangkau? Nightblade akan tersedia secara global di pertengahan bulan Maret dan akan dipamerkan secara live di ajang CeBIT 2014 di Hannover, Jerman.

Ini dia spesifikasinya:

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again