1. Startup

Startup Agritech MSMB Terapkan IoT untuk Tujuh Greenhouse di Temanggung

Teknologi yang diterapkan sistem pintar irigasi dan fertigasi presisi yang dikenal dengan nama "Amerta"

PT Mitra Sejahtera Membangun Bangsa (MSMB), perusahaan rintisan agritech dari Sleman, Yogyakarta, telah berhasil mengimplementasikan teknologi berbasis IoT (Internet of Things) untuk tujuh greenhouse di Desa Bansari, Temanggung, Jawa Tengah. Teknologi ini berupa sistem pintar irigasi dan fertigasi presisi yang dikenal dengan nama "Amerta".

Amerta diterapkan pada tujuh kelompok tani, yaitu Kelompok Tani Bhumi Asih Agro, Kelompok Tani Gemah Ripah, Kelompok Tani Agrosari II, Kelompok Tani Rahayu Makmur, Kelompok Tani Manunggal Jaya, Kelompok Tani Margo Rahayu, dan Kelompok Tani Berkah Karya. Implementasi ini merupakan bagian dari kerja sama MSMB dengan Kominfo.

Direktur Telekomunikasi Direktorat Jenderal Penyelenggara Pos dan Informatika Aju Widya Sari menyatakan bahwa kolaborasi ini diharapkan dapat meningkatkan ekonomi melalui pemanfaatan teknologi canggih. "Kolaborasi ini membuka peluang usaha baru dan meningkatkan efisiensi serta kualitas hasil produksi pertanian," ujarnya.

CTO MSMB Didi Widjanarko, menjelaskan bahwa Amerta dilengkapi dengan sensor kelembaban dan suhu yang terintegrasi dengan dashboard RiTx Smart Farming.

"Amerta membantu petani mengatur jadwal pengairan dan pemupukan tanaman dengan lebih efisien," jelas Didi.

Dengan implementasi teknologi IoT ini, produktivitas dan efisiensi dalam budidaya pertanian diharapkan meningkat, sehingga kesejahteraan petani pun dapat terangkat. Sri Haryati, Koordinator Tanaman Buah Sepanjang Tahun dan Semusim Kementerian Pertanian Republik Indonesia, yang hadir dalam acara serah terima bantuan ini, berharap teknologi ini bisa menjadi contoh bagi daerah lain di Indonesia.

MSMB terus menunjukkan komitmennya untuk membantu petani menjadi #jadipetanipintar melalui kolaborasi dengan berbagai pihak dalam penerapan teknologi IoT ini.

-
Disclosure: Artikel ini diproduksi dengan teknologi AI dan supervisi penulis konten
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again