1. Startup

Lokatani Raih Pendanaan Pre-Seed dari Asiapay Capital dan Jakarta Ventura

Pendanaan akan digunakan untuk mendukung peningkatan produksi dan pengembangan teknologi

Lokatani, startup agritech yang fokus pada pengembangan sayuran hidroponik, berhasil mendapatkan pendanaan pre-seed dari Asiapay Capital dan Jakarta Ventura (Jakvent). Pendanaan ini akan digunakan untuk meningkatkan kapasitas produksi, mengembangkan teknologi pertanian berbasis internet, serta memperluas jaringan distribusi dan pemasaran.

Didirikan pada tahun 2019 dan mulai memonetisasi bisnis pada tahun 2020, Lokatani telah membangun ekosistem rantai pasok yang terintegrasi dari hulu ke hilir. Hal ini bertujuan agar petani sayuran hidroponik binaannya dapat memenuhi standar produksi yang tinggi.

Produk utama Lokatani meliputi Loka Fresh yang menyediakan sayuran segar berkualitas tinggi secara on-demand, Loka Grow yang berfokus pada pemberdayaan komunitas petani melalui skema co-farming, serta Loka Tech yang merupakan aplikasi terintegrasi dengan teknologi IoT untuk pemantauan otomatisasi proses pertanian dan manajemen inventori.

Co-Founder & CEO Lokatani Abdul Choliq menjelaskan bahwa pendanaan ini akan memperkuat berbagai aspek operasional Lokatani. "Pendanaan kali ini ditujukan untuk peningkatan kapasitas produksi, pengembangan teknologi pertanian berbasis internet, perluasan jaringan distribusi, pemasaran, dan pengembangan sumber daya manusia. Dukungan ini memungkinkan Lokatani untuk terus menyelaraskan produksi tanaman secara real-time dengan permintaan pelanggan menggunakan aplikasi terintegrasi," ujarnya.

Pendekatan "On-Demand Order" yang diusung Lokatani memungkinkan produksi yang lebih efisien dan sesuai dengan permintaan pelanggan. Selain itu, sistem "Scheduled Planting" yang diterapkan menjadi kunci dalam menjaga stabilitas pasokan baik dari segi kualitas maupun kuantitas, dengan dukungan teknologi IoT.

Rizki Maarif, Venture Investor Team & Research Lead Asiapay Capital, mengungkapkan bahwa investasi ini sejalan dengan misi Asiapay untuk mendorong inklusi keuangan di sektor pertanian. "Value-chain yang dibangun oleh Lokatani membantu menyelesaikan masalah fragmentasi dalam rantai pasok pertanian, khususnya di sektor hidroponik. Kami berharap dapat membawa keahlian kami dalam infrastruktur pembayaran untuk memberikan dampak positif bagi petani hidroponik," kata Rizki.

Direktur Utama Jakarta Ventura Chrisantina Lunaryati, menambahkan bahwa Lokatani memiliki peran penting dalam mendukung komunitas petani. "Lokatani tidak hanya berfungsi sebagai agregator, tetapi juga membimbing dan mendukung komunitas petani, khususnya petani sayuran hidroponik. Kami berharap komunitas ini dapat terus berkembang dan maju bersama Lokatani," ungkapnya.

Pendanaan ini diharapkan menciptakan dampak positif yang signifikan bagi sektor pertanian hidroponik di Indonesia, serta mendukung visi Lokatani dalam membangun ekosistem pertanian yang lebih efisien, berkelanjutan, dan menguntungkan.

-

Disclosure: Artikel ini diproduksi dengan teknologi AI dan supervisi penulis konten

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again