10 September 2014

by Bambang Winarso

Mulai 17 September iOS 8 Sudah Dapat Diunduh

Semalam saat menggelar event pengumuman iPhone 6 dan Apple Watch, Apple juga membeberkan sebuah informasi yang menggembirakan bagi para fanboy Apple. iOS 8 dipastikan dapat diunduh oleh pengguna iPhone ataupun iPad pada tanggal 17 September mendatang atau 2 hari sebelum iPhone 6 dipasarkan.

Kabar ini sudah pasti jadi informasi istimewa setelah peluncuran iPhone 6, karena itu artinya pengguna iPhone versi terdahulu akan dapat merasakan sentuhan yang ada di iPhone 6 dan iPhone 6 Plus yang notabene merupakan dua perangkat yang dijejali sistem operasi tersebut sebagai bawaan. Meskipun tentunya tidak semua fitur bawaan iPhone 6 dapat dinikmati.

Anda barangkali masih ingat, iOS 8 ini merupakan sistem operasi paling anyar yang kehadirannya diumumkan di ajang WWDC Juni silam bersamaan dengan sistem operasi OS X 10.10 Yosemite.

Melihat kembali apa yang pernah TRL ulas, bahwa ada banyak hal yang disampaikan oleh Apple terkait iOS 8 baik untuk konsumen selaku pengguna perangkatnya maupun untuk para pengembang aplikasi.

Bagi pengguna akhir, iOS 8 menawarkan sederet fitur terbaru misalnya integrasi iCloud Photo Library yang menghadirkan kemudahan kepada pengguna untuk mengakses foto yang tersimpan di iPhone dari perangkat lain misalnya Mac. Nyaris serupa tapi tak sama ada iCloud Drive guna akses dokumen Office di manapun dan kapanpun dari perangkat Mac dan PC.

 

 

Info Menarik: Apple Resmi Rilis iPhone 6 dan iPhone 6 Plus, Tersedia di Pasaran Mulai 19 September

 

 

iOS 8 juga membawa sebuah fitur komunikasi yang lebih atraktif dimana pengguna dapat menyisipkan pesan suara ke dalam pesan singkat. Tak kalah menarik adalah fitur Family Sharing yang konon katanya jadi bintang di mata media dan pengunjung di hari itu sebab fitur ini memungkinkan 5 anggota keluarga tambahan atau maksimal 6 orang termasuk pembeli untuk mengakses konten dan item yang dibeli via iTunes, iBooks dan App Store secara gratis.

Sejumlah fitur pendukung kesehatan juga menjadi sorotan media, Apple pun memberikan porsi lebih di sesi ini. Sejumlah fitur pendukung kesehatan ditanamkan di iOS 8 misalnya sensor detak jantung, pelacak kegiatan, pencatat kalori, pola tidur, kolesterol dan gula darah yang ke semuanya dapat menjadi informasi penting bagi petugas kesehatan untuk memantau sejarah kesehatan pasien khususnya pengguna iPhone.

Sementara bagi para pengembang, Apple menghadirkan banyak fitur yang tak kalah menarik dan makin memanjakan. Dimana kini pengembang diberikan akses penuh untuk menggunakan tool-tool seperti Touch ID, PhotoKit, Camera API, HealthKit, HomeKit dan CloudKit yang ke semuanya akan memberikan kesempatan bagi pengembang untuk melahirkan aplikasi baru nan inovatif dan berdaya saing.

Nah, sobat Trenogoers bisa merasakan semua fitur-fitur di atas selain juga pastinya tatap muka khas iOS 8 nanti mulai 17 September. Tapi ada syaratnya, perangkat yang bisa melakukan upgrade ke versi ini haruslah varian iPhone 4s, iPhone 5, iPhone 5c dan 5s. Kemudian iPoud Touch 5, iPad 2 ke atas, iPad mini dan varian iPad mini Retina.

Sumber berita dan gambar header Ubergizmo.