1. Startup

NalaGenetics Luncurkan Klinik "NalaCare", Tawarkan Layanan Kesehatan yang Disesuaikan Profil Genetik Pasien

NalaCare diperuntukkan bagi pasien ingin mengetahui diet, obat, skrining, dan gaya hidup yang sesuai dengan profil DNA mereka

Startup biotech NalaGenetics resmi meluncurkan klinik NalaCare di TB Simatupang, Jakarta Selatan. Klinik ini menawarkan layanan kesehatan holistik yang personal, sesuai dengan profil genetik masing-masing pasien, sebuah terobosan dalam pendekatan preventif kesehatan.

NalaGenetics sebelumnya dikenal dengan teknologi tes DNA praktis LifeReady™ yang menganalisis profil genetik pengguna dan menyediakan solusi kesehatan personal. Co-Founder dan CEO NalaGenetics Levana Sani, menjelaskan bahwa NalaCare adalah jawaban dari pertanyaan pelanggan yang ingin mengetahui diet, obat, skrining, dan gaya hidup yang sesuai dengan profil DNA mereka.

“Kami membangun klinik dengan pendekatan preventif yang menawarkan program diet dan fitness yang dikonsultasikan dengan dokter spesialis gizi, farmakologi, dan dokter umum. Kami berharap NalaCare menjadi alternatif bagi sistem sick-care yang menerapkan pendekatan ‘one-size fits all’,” kata Levana.

Faktor genetik berperan penting dalam menentukan risiko penyakit, imunitas, hingga efektivitas obat yang dikonsumsi. Studi farmakogenomik pada tahun 2023 menemukan bahwa 93% pasien memiliki variasi genetik yang mempengaruhi respons mereka terhadap obat-obatan, namun 80% pasien mendapatkan resep obat yang tidak sepenuhnya sesuai dengan variasi genetik mereka.

Klinik NalaCare telah membantu sebuah bank swasta di Indonesia menurunkan klaim grup asuransi dalam tiga bulan melalui program NalaCare. Survei NalaGenetics menunjukkan 69% pasien yang menjalani tes genetik ingin konsultasi lebih lanjut untuk memperbaiki rutinitas kesehatan dan obat-obatan mereka.

Studi di Raffles Medical Group juga mengungkapkan bahwa tes NalaGenetics dapat memberikan rekomendasi untuk mengoptimalkan obat di 88% pasien yang telah dites.

Pasien yang datang ke NalaCare akan menjalani pemeriksaan anamnesis, pemeriksaan fisik, dan lanjutan lainnya. Tim dokter NalaCare akan menyusun program personal sesuai kebutuhan pasien, termasuk Weight Management Program dan Athletic Optimization Program.

Salah satu kisah sukses adalah seorang pasien kanker payudara yang harus menjalani pengobatan bertahun-tahun dengan obat mahal. Di NalaCare, pemeriksaan genetik membantu memastikan efektivitas obat dengan mengetahui aktivitas enzim dalam tubuh pasien. Kolaborasi dengan dokter dari pusat layanan kesehatan lain memastikan strategi pengobatan yang optimal.

Ke depan, NalaGenetics berencana memperluas layanan NalaCare ke sektor pencegahan penyakit personal seperti aterosklerosis. Dengan memperhatikan informasi genetik pasien, gaya hidup, dan faktor lainnya, NalaGenetics bekerja sama dengan berbagai spesialis untuk menawarkan layanan kesehatan dan pencegahan penyakit yang lebih komprehensif.

Application Information Will Show Up Here
-
Disclosure: Artikel ini diproduksi dengan teknologi AI dan supervisi penulis konten
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again