Berita

Nexticorn 2022 akan Angkat Web3 sebagai Topik Unggulan

Ringkasan sesi diskusi di acara “Founders Meetup & Kickoff” yang diselenggarakan untuk menyambut Nexticorn 2022

Salah satu fokus dari acara NXC International Summit 2022 (Nexticorn) adalah pembahasan dan pemahaman lebih mendalam tentang potensi teknologi Web3 dan turunannya. Diharapkan dengan diundangnya para pakar dari lokal hingga mancanegara bisa menjelaskan lebih mendalam dan memberikan gambaran yang lebih menyeluruh kepada ekosistem startup di Indonesia.

Pada acara Founders Meetup & Kickoff yang digelar virtual Rabu (18/5) lalu, Chairman Nexticorn Foundation Rudiantara menjelaskan, topik web3 menjadi menarik untuk diikuti. Hal ini dilihat makin banyaknya peluang dan potensi startup untuk mulai mengembangkan dan menerapkan teknologi tersebut ke dalam produk mereka.

"NXC diciptakan sejak awal dengan tujuan untuk melahirkan startup unicorn berikutnya di Indonesia. Tahun ini dengan tujuan dan misi yang sama, diharapkan bisa dilahirkan kembali startup unicorn. Bali kemudian menjadi tempat yang ideal bagi NXC untuk menjadi lokasi digelarnya NXC Internation Summit 2022," kata Rudiantara.

Sementara itu menurut Edward Ismawan Chamdani yang merupakan salah satu Committee Nexticorn dan juga Co-Founder & Managing Director Gayo Capital  menambahkan, web3 menjadi sektor yang menarik untuk dibahas secara tuntas dalam gelaran tahun ini.

Selain banyak yang bisa dimanfaatkan, mulai dari blockchain, NFT, metaverse, AR/VR, DAO, dan sebagainya, penting bagi startup dan pemodal ventura untuk memahami bagaimana cara yang tepat untuk mengadopsi teknologi tersebut secara tepat. Menurutnya, web3 merupakan masa depan, memungkinkan manusia dan mesin bisa berinteraksi dengan data, nilai, dan pihak terkait lainnya.

Berbagi pengalaman di acara Nexticorn

Banyak manfaat yang ternyata sudah di dapat oleh para pendiri startup yang pernah mengikuti acara Nexticorn di tahun sebelumnya. Selain kesempatan untuk bertemu secara langsung dengan pemodal ventura, mereka juga berhasil menjalin kolaborasi strategis dengan sesama startup hingga mendapatkan klien.

Dalam hal ini menurut Co-Founder & CEO Investree Adrian Gunadi yang pernah mengikuti gelaran acara Nexticorn tahun 2018 dan 2019, startup yang telah terkurasi yang mengikuti kegiatan tersebut demikian juga dengan VC pilihan, menjadi poin lebih bagi dirinya untuk bisa menjalin komunikasi secara langsung. Dilihat dari pengalamannya sebelum pandemi mengikuti kegiatan ini, tahun 2022 diharapkan bisa menjadi peluang untuk reuni dan bertemu kembali dengan sesama penggiat startup di Indonesia.

"Dari sisi kolaborasi, ini menjadi acara yang tepat bertemu dengan banyak teman. Bukan hanya melakukan penggalangan dana tapi juga bisa menjalin kolaborasi strategis dengan startup lainnya," kata Adrian.

Sementara itu menurut Founder & CEO Ralali Joseph Aditya, pengalaman dirinya saat mengikuti kegiatan Nexticorn tahun 2018-2019 lalu, menjadi ajang yang tepat untuk bertemu dengan VC yang sesuai. Karena sebelumnya sudah dihadirkan informasi lengkap dan minat serta latar belakang dari masing-masing VC, demikian juga dengan startup yang hadir, menjadikan pertemuan tersebut tepat dan relevan.

"Menurut saya ajang Nexticorn menjadi ajang yang paling efisien. Lanjutan setelah acara tersebut bukan hanya peluang untuk melakukan penggalangan dana, namun juga bisa bertemu dengan mitra yang memiliki potensi, meskipun kegiatan tersebut dilakukan secara formal namun tetap santai," kata Joseph.

Bagi Founder & CEO Jojonomic Indrasto Budisantoso, kehadirannya di acara Nexticorn sebelumnya adalah peluang dirinya untuk bertemu dengan investor yang sesuai. Dengan mengikuti acara Nexticorn, Indrasto juga mengklaim bisa bertemu dengan potensial lead client demikian juga bisa menjalin kolaborasi dengan penggiat startup lainnya.

NXC International Summit 2022 akan kembali hadir di Bali pada bulan Agustus-September 2022 mendatang. Mengusung tema "Decentralizing The Future of Internet", acara kali ini akan mengedepankan "experience" dari ekosistem teknologi tanah air bagi para partisipan.

Acara ini turut didukung oleh Amvesindo, Asosiasi Fintech Indonesia, Ernst & Young Indonesia, Ideosource, DailySocial.id, Kadin Indonesia, dan G20 Indonesia 2022.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again