Categories

Interview

Nine Tawarkan Pengalaman Baru Mencari Pasangan di Instagram

Dibuat oleh Kreator BestMengklaim telah memiliki 130 ribu pengguna yang mendaftarkan diri ke aplikasi Nine

Yenny Yusra - 4 February 2016

Masih ingat dengan fitur BestNine yang dirilis oleh startup asal Jepang bernama Lip Inc akhir tahun 2015 silam? Kampanye pertama yang dilakukan oleh Lip Inc berhasil mengumpulkan 70 juta page views dalam waktu 10 hari saja. Melihat besarnya potensi tersebut, Co-founder dan President Lip Inc Yusuke Matsumura, Ph.D tertarik untuk mengembangkan fitur tersebut menjadi sebuah dating app yang menarik dan tentunya berbeda dengan dating app pada umumnya.

“Saya telah mengamati beberapa dating app mulai populer dikalangan anak muda, saya pun tertarik untuk mencoba namun menemukan aplikasi seperti itu tidak memberikan solusi yang maksimal, proses menggeser ke kiri dan kanan menyenangkan pada awalnya, namun tidak mampu untuk membina hubungan yang serius dan berkelanjutan,” kata Yusuke.

Yusuke bersama partner yang saat ini menjabat sebagai Co-founder dan SEVP Lip. Inc. Mai Sekiguchi kemudian mencoba untuk mengembangkan aplikasi dating app Nine dengan memanfaatkan fitur dan hasil foto terbaik dari Instagram. Bersama tiga engineer, Yusuke dan Mai kemudian mulai membangun sistem yang bukan hanya menarik namun juga memiliki fungsi untuk pengguna. Saat ini Lip Inc telah mendapatkan investasi dari Cyberagent Ventures, Venture United, Primal Capital, dan Incubate Fund. Nine sendiri secara resmi diluncurkan pada bulan Januari 2016 dan mengklaim sudah memiliki konsumen signifikan di Indonesia.

“Saya melihat Instagram merupakan aplikasi sempurna untuk digunakan sebagai referensi dating app, hanya dengan menggunakan 9 foto terbaik profil serta informasi pengguna bisa dengan jelas terlihat, masalah baru yang kami hadapi adalah bagaimana caranya memperkenalkan produk ini kepada publik, dari situlah kemudian muncul ide untuk merilis kampanye BestNine,” kata Yusuke

BestNine merupakan web service sederhana yang memudahkan pengguna Instagram untuk melihat 9 foto paling populer (jumlah Likes terbanyak) sepanjang tahun 2015. Hanya dengan memasukan user ID di situs BestNine, dalam waktu yang tidak terlalu lama muncul tampilan cantik foto populer di Instagram milik pengguna.

“Kami mendapatkan respon yang positif dan strategi pemasaran yang baik bagi kami untuk mempromosikan Nine untuk kemudian menjadi sebuah dating app,” kata Yusuke.

5 Cara mudah menggunakan Nine

Di Indonesia Instagram merupakan salah satu media sosial paling favorit di kalangan pengguna smartphone. Hal ini memudahkan Nine yang sepenuhnya memanfaatkan Instagram sebagai platform untuk pengguna.

“Secara keseluruhan ada 5 langkah mudah yang bisa dilakukan oleh pengguna agar bisa mengakses Nine. Dimulai dari log in dengan akun Instagram yang dimiliki kemudian aplikasi Nine nantinya akan menampilkan pilihan 3 foto profil pengguna lain. Geser tampilan tersebut ke kanan jika suka dan semua bisa dilakukan secara anonymous. Jika Anda dan pengguna Nine lainnya saling menyukai profil masing-masing bisa segera chat,” kata Yusuke.

Semua foto yang tampil dalam Nine merupakan koleksi foto yang kerap di unggah ke Instagram, sehingga Anda sebagai pengguna bisa mengedit terlebih dahulu foto yang kurang berkenan dan menambahkan foto-foto terbaik yang disuka.

“Dengan menggunakan aplikasi Nine, pengguna bukan hanya bisa melihat foto profil Instagram milik pengguna lain, tapi juga bisa melihat informasi terkait (biodata) dan hashtag yang sering digunakan,” kata Yusuke.

Saat ini Lip Inc mengklaim telah memiliki 130 ribu pengguna yang sudah mendaftarkan akunnya ke Nine. Untuk aplikasi Nine sendiri saat ini masih tersedia di platform iOS saja. Untuk Android, Yusuke menjanjikan pertengahan bulan Februari akan segera dirilis.

Tahun 2016 ini Lip Inc memiliki rencana untuk mengembangkan fitur-fitur menarik untuk bisa menambah lebih banyak minat serta jumlah pengguna. Beberapa fitur baru yang akan segera diluncurkan, di antaranya adalah Picture Editor.

“Untuk saat ini pengguna masih belum bisa untuk memilih 9 foto pilihan, dengan pembaruan terkini nantinya pengguna bisa melakukan modifikasi dari pilihan yang ada,” kata Yusuke.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter